LSI: Hanya Dua Presiden yang Mampu Tangani Intoleran
Sumber: Salam-online.com

Nasional / 24 April 2014

Kalangan Sendiri

LSI: Hanya Dua Presiden yang Mampu Tangani Intoleran

Lori Official Writer
3273

Hasil penelitian Lingkaran Survey Indonesia (LSI) menyatakan hanya ada dua presiden Indonesia yang mampu mengatasi konflik keberagaman dan intoleransi di tanah air. Nama keduanya ditujukan pada Presiden  Soekarno dan Presiden Abdurrahman Wahid.  

Sebaliknya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dianggap gagal dalam menjaga keberagaman Indonesia. Hasil survey ini dibenarkan oleh Koordinator Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (Sejuk) Alex Junaedi.   “Survey LSI berarti konfirmasi data yang kami kumpulkan. SBY menurut kami memang tidak pernah menagani perilaku intoleran. Berbagai kekerasan atas nama agama di Indonesia memang paling banyak terjadi di masa pemerintahan SBY,” ungkap Alex.

Ia menandaskan, penelitian sangat penting guna mengetahui karakter calon presiden (Capres) ke depan yang diinginkan publik. Penelitian yang bekerja sama dengan Yayasan Denny JA ini digelar di 33 provinsi ini,  bahkan menemukan sebanyak 87.60 persen masyarakat lebih memilih seorang Capres yang mampu menjaga keberagaman agama, etnis dan ideologi di Indonesia.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan kenyataan, dimana presiden lebih berfokus pada penyelesaian persoalan politik dan ekonomi. Sementara  korban-korban pelanggaran HAM dan intoleransi yang telah menggelar aksi di depan istana selama bertahun-tahun masih ditelantarkan.

Mengingat semakin dekatnya masa pemilihan presiden (Pilpres), survey ini dinilai penting sebagai bentuk refleksi dan evaluasi bagi seluruh rakyat tanah air untuk jeli dan peka dalam memilih sosok pemimpin yang mampu mewujudkan harapan publik.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Pejabat Pakai Arloji Mahal, Ini Komentar Ahok

Ahok: Lurah Camat Indonesia Harusnya Tak Perlu Ada

Tewaskan Ratusan Orang, Presiden Korsel Kecam Kapten Feri Sewol

Basuki Tjahaja Purnama, Sosok Visioner Bagi Bangsa

Lagu 'Every Praise' Selamatkan Bocah Ini Dari Penculikan

Sumber : Portalkbr.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami