Cara Jaga Baterai Smartphone Biar Awet

Entertainment / 23 April 2014

Kalangan Sendiri

Cara Jaga Baterai Smartphone Biar Awet

Lois Official Writer
4282

Baterai smartphone saat ini hanya bisa dipakai selama 4-5 jam jika digunakan intens, tentu tidak cukup untuk menemani kita seharian. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar baterai tahan lama dan awet. Berikut ini caranya :

Jangan Dibiarkan Habis Total

Baterai yang dibiarkan habis terlebih dahulu sebelum di-charge bila baterai tersebut berbahan nikel, yang saat ini mulai ditinggalkan. Smartphone modern saat ini sudah menggunakan baterai berbahan litium-ion. Sebaiknya, baterai terus dijaga agar daya yang disimpan tetap di atas 50 persen. Sesekali daya baterai perlu dihabiskan, misalnya sebulan sekali untuk keperluan kalibrasi.

Jangan di-Charge Semalaman

Walau beberapa charger bisa memutus arus listrik jika daya sudah terisi 100 persen, membiarkan baterai selalu berada dalam kondisi 100 persen juga tidak baik. Yang baik adalah mengisi baterai hingga terisi penuh secara berkali-kali malah lebih baik.

Untuk baterai litium, jangan dibiarkan sering kehabisan daya karena memiliki komponen yang bisa merusak baterai agar baterai tidak meledak.

Hindari Tempat Panas

Tempat panas yang dimaksud seperti dashboard mobil di bawah kaca depan mobil, meski smartphone berada dalam keadaan mati. Panas yang terpapar bisa merusak baterai. Idealnya, suhu haruslah berkisar antara 15 derajat Celsius. Suhu ekstrem yang bisa ditangani adalah antara minus 40 hingga 50 derajat Celsius.

Hubungkan Langsung ke Soket Listrik

Men-charger baterai melalui soket listrik adalah cara yang paling direkomendasikan. Metode pengisian ulang baterai secara nirkabel, dapat menghasilkan panas yang tidak baik untuk baterai. Melalui soket listrik, selain lebih cepat mengisi daya, baterai juga lebih aman.

 

Baca juga :

Menyiasati Anggaran Kecil Untuk Buah dan Sayur

Mewaspadai 4 Penyebab Anoreksia Seksual

Sepatu Dahlan, Perjuangan Bocah Hadapi Kemiskinan

Wally, Sopir Taksi dengan Layanan Limosin

Memperbaiki Diri Jadi Single Berkualitas Tinggi

Sumber : tribunnews.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami