Makanan Kukus, Tak Selalu Lezat tapi Kaya Manfaat

Entertainment / 5 April 2014

Kalangan Sendiri

Makanan Kukus, Tak Selalu Lezat tapi Kaya Manfaat

Yenny Kartika Official Writer
10598

Daging panggang atau ikan bakar memang lezat di lidah, sayangnya, nutrisinya kurang baik bagi kesehatan. Tahukah Anda, sejumlah makanan jauh lebih baik jika dihidangkan dengan cara dikukus?

Mengukus adalah metode memasak bahan makanan dengan cairan atau uap air. Pada prinsipnya, makanan akan matang karena uap panas sehingga makanan tidak boleh bersentuhan langsung dengan air mendidih yang berada di bawah saringan. Makanan yang dihasilkan dengan cara dikukus biasa bersifat lembab/basah dan lembut/lunak.

Mengukus bahan makanan, terutama daging, biasanya akan membuat citarasa berkurang. Misalnya, daging yang dikukus menyebabkan rasanya kurang gurih dibandingkan digoreng atau dipanggang, sehingga dalam menyantapnya membutuhkan saus atau kecap. Meski demikian, ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari mengukus makanan. Ini dia:

 

-dengan mengukus, lebih banyak zat dan nutrisi yang bertahan dalam makanan

Suhu terlalu panas saat menggorang atau merebus biasanya dapat mematikan nutrisi yang terkandung dalam makanan. Dengan mengukus, nutrisi dalam makanan cenderung lebih terjaga. Mengukus sayuran berarti mempertahankan kandungan vitamin dan flavanol (konsentrat alami yang berfungsi sebagai antioksidan).

Sama halnya dengan beras merah. Kandungan vitamin B1 dalam bahan pangan ini lebih bertahan jika beras dimasak dengan cara dikukus. Begitu juga dengan ikan kukus yang memiliki asam lemak Omega-3 lebih utuh dibandingkan dengan ikan rebus atau goreng.

 

-dengan mengukus, tekstur, kelembaban, bentuk sekaligus aroma makanan tetap terjaga

Makanan yang telah menjadi dingin dan kering di kulkas bisa dikembalikan kelembabannya dengan cara mengukusnya. Dengan mengukus, kita tidak perlu menambahkan cairan ke dalamnya sehingga rasa dan tekstur makanan tetap terjaga. Mengukus juga mengurangi risiko masakan menjadi terlalu matang atau gosong. Selama proses mengukus tidak terlalu lama, makanan tidak akan hancur.

 

-dengan mengukus, kita bisa menghemat energi dan waktu

Kita dapat mengukus beberapa bahan makanan sekaligus tanpa membuat rasa makanan saling tercampur. Misalnya, kita bisa menggabungkan beberapa macam sayuran, nasi, dan telur utuh dalam sekali proses pengukusan.

Mengukus juga menghemat energi. Kita mengurangi minyak seperti yang lazim digunakan saat menumis dan menggoreng. Suhu yang rendah saat mengukus juga berarti lebih sedikit energi yang digunakan.

 

BACA JUGA:

A Reason

Way Out

Cry Out

The Prayer and The Sin

Time For God

Sumber : Jawaban.com | Berbagai Sumber | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami