Tidak Hanya Dekat, Orangtua dan Anak Juga Harus Lekat
Sumber: dailymail.co.uk

Parenting / 26 August 2014

Kalangan Sendiri

Tidak Hanya Dekat, Orangtua dan Anak Juga Harus Lekat

Lois Official Writer
2849

Anak yang sedang bertumbuh, sedari lahir membutuhkan perhatian dan kasih sayang. Tidak hanya membutuhkan kuantitas waktu kebersamaan bersama orangtuanya, anak juga butuh kualitas bersama orangtua. Hal itulah yang dikemukakan oleh psikolog Roslina Verauli.

“Antara orangtua dan anak seharusnya lekat bukan hanya dekat. Dekat memiliki arti kedekatan fisik, sedangkan lekat berarti dekat di hati. Kedua kedekatan ini idealnya harus dimiliki orangtua dan anak,” ujar Roslina. Ada tiga cara mudah yang disarankan Roslina untuk membuat hubungan orangtua dan anak menjadi lekat yaitu :

Instropeksi Diri

Sekalipun sang anak sering berbuat salah, bukan berarti anak selalu salah. Bisa jadi orangtua yang harus instropeksi diri. Apalagi ketika si anak belum tentu merasa benar-benar dekat, nyaman dan mau membagi rahasianya kepada orangtua. Tanyakan pada diri sendiri, kapan terakhir kali Anda mengungkapkan sayang dan bersikap seperti layaknya seorang teman kepada anaknya. Ungkapan sayang berguna untuk membuat anak merasa nyaman dan pada akhirnya bisa dekat dan lekat pada orangtua.

Tatap Matanya

Selain mengungkapkan kata-kata sayang kepada anak, ungkapkan juga sayang tersebut melalui mata dengan menatapnya penuh cinta, karena mata merupakan pancaran hati seseorang. Ketulusan dan kasih sayang akan terpancar dari cara orangtua memandang anaknya dan anak akan dapat merasakannya.

Sediakan Waktu

Sediakan waktu khusus bersama anak. Jika sudah menyediakan waktu, sediakan lebih banyak waktu lagi untuk melakukan kegiatan bersama seperti saling bercerita, tukar pengalaman di hari tersebut, bermain, ataupun melakukan kegiatan lainnya. “Waktu intim inilah yang dibutuhkan anak untuk bisa dekat dan bicara apa saja dengan jujur kepada orangtuanya,” ujarnya. Dalam waktu ini, curahkan cinta sepenuhnya kepada anak.

Anak-anak butuh cinta dan kasih sayang dari orangtua, terutama dalam masa-masa pertumbuhan mereka. Hal ini diperlukan untuk anak agar bisa mandiri kelak, dan merasa bahwa mereka adalah orang yang dicintai.

 

Ini artikel yang perlu dibaca juga :

Mengatasi Trauma Masa Kecil

4 Sumpah Pernikahan yang Paling Susah Ditepati

4 Minuman Penurun Stres

Expendebles 3, 10 Orang Kalahkan 1000 Orang

Sumber : kompas.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami