Pantau Bayi di Awal Kelahirannya Tentukan Penampilannya
Sumber: kaltimpost.co.id

Parenting / 29 October 2013

Kalangan Sendiri

Pantau Bayi di Awal Kelahirannya Tentukan Penampilannya

Lois Official Writer
3295

Bayi yang baru lahir tentu perlu mendapat ekstra perhatian, karena mereka belum bisa melakukan apa-apa. Setiap orangtua pun tentu ingin buah hatinya besar nanti tampil dengan tubuh yang sempurna dan sehat. Karena itu, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan agar penampilan tubuh yang proporsional pun didapatkan. Berikut ini penjabarannya mulai dari kepala hingga ke kaki :

Kepala Tidak Gepeng

Menurut dr. Micahel Edwards, spesialis bidang saraf anak dari University of Sacramento, California, AS ternyata bayi berkepala datar alias flathead meningkatkan angka bayi yang meninggal mendadak atau yang disebut SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Hal ini dkarenakan bayi tidur berlama-lama dalam posisi telentang, terutama di bulan-bulan pertamanya. Padahal, bagian belakang kepala bayi belum mengeras. Bayi dengan flathead juga berisiko mengalami keterlambatan perkembangan fisik dan mental seperti lambat dalam merangkak, berguling, dan sebagainya.

Caranya : biarkan bayi tidur dengan posisi miring, seringlah mengganti posisinya jika dia tidur mendatar. Ubah posisi tubuh bayi jadi tengkurap untuk beberapa jam namun harus terus diawasi jika dia tidur dalam posisi ini. Anda juga bisa gunakan bantal khusus.

Rambut Tipis

Tradisi menggunduli rambut baru lahir, tidak serta merta membuat rambut bayi lebih lebat. Sekalipun digunduli berkali-kali, ada bayi yang rambutnya tetap tipis juga. Hal ini dipengaruhi faktor genetik dan kecepatan tumbuh rambut bayi tersebut. Namun, kita tetap bisa mencoba tradisi ini.

Lingkar Kepala

Pada usia 3 bulan, rata-rata lingkar kepala bayi laki-laki 38-44 cm dan bayi perempuan 38-43 cm.

Telinga

Ketika memandikan bayi, cegah agar air tak masuk ke telinganya dan bersihkan telinga bagian luarnya saja. Selain itu, jagalah posisinya agar tidak selalu di posisi yang sama karena tubuh bayi mudah terbentuk sesuai posisinya.

Hidung

Jangan bersihkan bagian dalam hidung bayi dengan tangan atau kapas, seka saja lendir yang menetes dari hidung bayi. Jika bayi mengalami hidung tersumbat, gunakan aspirator untuk membersihkan hidungnya.

Tali Pusat

Mandikan bayi dengan spons sampai tali pusat bayi yang baru lahir mengering dan jagalah agar tali pusat itu tetap bersih dan kering.

Kaki Keren

Selain itu, penampilan kaki bayi tidak boleh dilupakan. Saat ini banyak produk bayi yang lebih beragam untuk kaki seperti kaos kaki yang langsung seperti sepatu.

Badan Secara Keseluruhan

Berat badan normal pada bayi naik 800-1000 gram setiap bulannya. Untuk tinggi badan, maka tinggi rata-rata bayi laki-laki usia 3 bulan adalah 63-73cm dan bayi perempuan 55-65 cm.

Perhatikan bagaimana mereka bergerak, khususnya di 6 bulan pertama karena sangat mempengaruhi bentuk tubuh mereka di kemudian hari. Kemudian selanjutnya, perhatikan apa yang mereka makan dan lakukan. Perkembangan anak di awal-awal mereka dapat menjadi penampilan mereka di masa mendatang.

Sumber : ayahbunda.co.id-detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami