JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Jika Ayah Tak Mampu Hadir Secara Fisik Dan Emosional Bagi Anaknya

FRIDAY, 04 MARCH 2011

Total View : 2060 times


Sebagai Ayah, apakah Anda jauh dari sang buah hati entah karena tugas kerja atau alasan lainnya?

Kehadiran sosok ayah di sini adalah kehadiran secara fisik dan emosional. Ayah yang mampu berinteraksi secara emosional, mengenal dan memahami emosi anaknya, mampu mendorong serta mendukung secara moril. Contohnya, membimbing anak ketika ingin tidur dan bermain, memberikan penjagaan dalam pergaulan, dll.

Pengaruh sosok ayah juga dikatakan memiliki dampak yang tetap. Bukan hanya saat anak sudah menginjak remaja, tetapi semasa kecil; masa balita, interaksi antar ayah dengan sang anak akan semakin menguatkan. Ada beberapa kasus kehadiran seorang ayah dan turut merawat ketika mereka balita, menjadikan anak tumbuh dewasa sebagai sosok pribadi yang lebih simpatik, empati, hangat, dan cenderung memiliki percaya diri tinggi.

Lazimnya, para ayah berinteraksi dengan anak-anaknya berbeda dengan cara sang ibu berinteraksi. Sebab, pada umumnya seorang ibu melakukan interaksi dengan anaknya lebih tenang, stabil, dan lembut. Aktivitas bermain dengan lembut atau membacakan sebuah buku cerita dengan tenang.

Para ibu akan lebih cenderung memainkan permainan yang sudah lazim seperti cilukba, tepuk-tepuk tangan, membaca buku, menggerakkan mainan atau puzzle. Sementara dengan ayah, biasanya anak akan diajak bermain lompat-lompatan, memanjat, kuda-kudaan ataupun pesawat-pesawat terbang dengan mengangkat atau mengayunkan tubuh anak.

Memang kedua orangtua memilik "ragam" untuk mewarnai dunia anak-anaknya. Ayah dan ibu, memiliki peran masing-masing yang saling mendukung dan membantu. Apabila salah satu fungsi rusak, ada kemungkinan anak akan kehilangan identitas.

Dalam keluarga, ayah menjadi panutan yang sangat dibutuhkan anak. Dan, umumnya sentuhan kasih ayah lebih memiliki kesan mendalam di hati anak-anak. Karena itu tidak berlebihan bila ada istilah ayah adalah pahlawan bagi anak-anak. Karena peran yang unik dan istimewa, ayah menjadi pujaan hati oleh gadis kecilnya dan menganggap seorang ibu adalah saingan.

Di sana ia akan belajar mengenai figur laki-laki yang akan memberikan sudut pandang laki-laki. Gadis kecil ini akan tumbuh dan menjadi sadar dengan identitas kewanitaannya. Selama ibu dan ayah bisa menjelaskan secara proporsional pada masa ini, gadis kecil akan mulai belajar mengenal figur sosok laki-laki secara baik.

Yang harus dilakukan jika ayah jauh dari anak:

  1. Tetap terus membina komunikasi dengan anak, baik telepon ataupun surat.
  2. Cobalah untuk mengirim foto-foto, di mana si ayah bertempat tinggal atau sedang melakukan aktivitas bekerja.
  3. Jika dalam berkomunikasi si anak ingin meminta sesuatu kepada ayahnya, sebaiknya ibu dapat mengambil alih peran sang ayah.
  4. Tidak ada salahnya untuk selalu mengingatkan atau menceritakan kepada anak bahwa ayahnya sedang bertugas atau sedang belajar.
  5. Ajaklah anak untuk bermain dengan sanak saudara lainnya terutama pria dewasa.

Sumber : boundlessline.org

Tag Keyword : ayah, hadir, anak, dukungan, emosional

Imago Planet


COMMENTS

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • * Fitri Rahmadhani Harahap

    2011-03-06 03:43:43
    Anak adalah gmbaran dari org tuanya, dan tak lepas dari kasih syg seorang ayah, yang dijadikan sbgai panutan.Oleh karena itu, bagi semua ayah.....jdlah ayah yang selalu disayang.....