JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Membangun Karakter Anak Laki-Laki Anda

WEDNESDAY, 19 JANUARY 2011

Total View : 2812 times


Membesarkan anak laki-laki maupun anak perempuan memiliki tantangannya masing-masing. Tidak mudah bagi orangtua manapun juga untuk membesarkan anak-anak. Karena sebagai orangtua, kita berkewajiban membantu anak-anak kita menjadi orang dewasa yang matang dan bertanggung-jawab. Jika Anda memiliki anak laki-laki, berikut adalah tips pengasuhan yang sangat bermanfaat dan dapat Anda gunakan untuk membesarkan anak-anak Anda menjadi pria muda yang berkarakter.

Tip #1 – Pastikan Mereka Memiliki Panutan Yang Baik Dalam Hidupnya

Salah satu tips yang paling penting untuk membesarkan anak laki-laki adalah dengan memastikan bahwa mereka memiliki panutan pria yang baik di dalam hidupnya. Panutan tersebut bisa saja ayahnya, walau dalam beberapa kasus ada anak-anak yang tidak memiliki ayah yang dapat dijadikan panutan. Bagi anak laki-laki yang mengalami hal ini, sangatlah baik jika ia tetap memiliki pria dewasa lainnya yang dijadikan panutan dan dapat diteladani olehnya. Memiliki seorang panutan pria yang baik dapat membantu anak laki-laki untuk belajar mengenai karakteristik pria yang diinginkan dan anak laki-laki juga akan belajar banyak dengan melihat bagaimana panutan mereka memperlakukan orang lain.

Tip #2 – Tetapkan Batasan-Batasan Perilaku

Sangatlah penting bagi Anda untuk menetapkan batasan-batasan perilaku bagi putra Anda. Anak laki-laki harus memiliki beberapa batasan sehingga mereka tahu perilaku seperti apa yang dapat diterima. Seringkali anak laki-laki lebih berisik daripada anak perempuan, sehingga mereka membutuhkan bimbingan sedikit lebih banyak dalam hal ini. Mereka perlu tahu apa yang boleh mereka lakukan dan apa yang tidak boleh mereka lakukan. Juga sangat penting bagi Anda untuk memberlakukan batasan ini secara kontinyu jika Anda ingin membesarkan anak laki-laki yang sopan dan disiplin.

Tip #3 – Lakukan Komunikasi

Tips penting lainnya bagi orangtua yang membesarkan anak laki-laki adalah dengan mengusahakan agar komunikasi dapat berjalan dengan baik. Anak laki-laki tidak terlalu suka bicara dan terikat dengan Anda seperti halnya anak perempuan. Kembangkanlah komunikasi yang baik dengan putra Anda yang bisa saja menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Anda harus memastikan bahwa putra Anda merasa nyaman untuk berbicara dengan Anda. Mulailah dengan menghabiskan waktu bersama dengan putra Anda sejak dini sehingga Anda pun akan benar-benar mengenal putra Anda. Memiliki komunikasi yang baik dengan putra Anda sejak dini akan membantu Anda untuk membuka pintu komunikasi di masa yang akan datang ketika putra Anda memiliki masalah dan ia ingin datang kepada Anda untuk membicarakan hal ini.

Tip #4 – Pastikan Putra Anda Memiliki Tugas Di Rumah

Dalam banyak kasus, kita cenderung lupa untuk memberikan tugas rumah tangga kepada anak laki-laki. Lingkungan sosial seringkali mengajarkan bahwa pekerjaan rumah tangga adalah untuk anak perempuan. Sangat penting bagi Anda untuk memberikan tugas rumah tangga kepada putra Anda dimana ia dapat bertanggung-jawab di sana. Hal ini akan membantu putra Anda untuk belajar berhati-hati dan mengajarkan nilai kesetaraan dalam suatu hubungan kepadanya. Lagipula, tidak semua pria menikah muda, jadi mengajarkan pekerjaan rumah sejak dini kepadanya akan sangat mendidik dan bermanfaat baginya di masa mendatang.

Tip #5 – Dorong Putra Anda Agar Dapat Mengekspresikan Emosinya

Anak laki-laki seringkali diajarkan oleh lingkungan sosial untuk tidak menunjukkan emosi mereka. Seringkali anak laki-laki mencoba menahan emosi mereka yang sebenarnya dapat berdampak buruk bagi mereka. Meskipun Anda tidak ingin putra Anda menjadi terlalu emosinal, Anda harus mendorongnya agar menunjukkan emosi mereka. Ajarkan padanya boleh saja ia meneteskan air mata dan menunjukkan emosi lainnya ketika sesuatu terjadi dalam hidup mereka. Jangan biarkan lingkungan sosial membentuk cara berpikir mereka mengenai emosi. Seorang anak laki-laki yang diajarkan mengekspresikan emosi akan tumbuh menjadi seorang yang lebih sensitif dan dapat berhubungan baik dengan orang lain.

Tip #6 – Temukan Cara Yang Tepat Untuk Menyalurkan Energi

Anda juga perlu menemukan cara yang tepat bagi putra Anda untuk membakar energi mereka. Biasanya anak laki-laki memiliki energi lebih besar dari kebanyakan anak perempuan dan ia perlu sarana untuk menyalurkan energinya tersebut dengan cara yang positif. Pilihan terbaik termasuk mengizinkan mereka keluar rumah dan bermain, mengendarai sepeda, atau terlibat dalam kegiatan olahraga baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggal Anda. Ingatlah bahwa anak laki-laki lebih berisik dari anak perempuan dan itu adalah suatu hal yang wajar. Namun Anda dapat bekerjasama dengan putra Anda untuk tidak terlalu berisik di dalam rumah dan Anda tidak dipusingkan dengan kegaduhan mereka.

Tip #7 – Bersabarlah

Terakhir, ingatlah Anda perlu bersabar dengan anak laki-laki ketika mereka mulai tumbuh dewasa. Hal ini sangat penting karena mereka mulai memasuki masa pubertas. Seringkali tubuh mereka bertumbuh kebih cepat dari pikiran mereka. Dan akhirnya sebagai orangtua kita terjebak untuk mengharapkan mereka agar berperilaku seperti orang dewasa ketika sebenarnya ia masih anak-anak. Pastikan agar harapan Anda sesuai dengan usia mereka dan bersabarlah ketika ia beranjak dewasa. Putra Anda akan melakukan kesalahan, tapi cobalah temukan cara-cara untuk membimbingnya tanpa harus kehilangan kesabaran Anda.

Ya, menghadapi anak laki-laki memang jauh berbeda dengan anak perempuan. Tapi pada akhirnya Anda akan menerima hasilnya. Ingatlah tips-tips di atas dan Anda akan menemukan bahwa membesarkan anak laki-laki akan menjadi lebih mudah bagi Anda.

Sumber : more4kids.info

Mitra CBN


COMMENTS

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • No comment yet