Suami Istri Kuasai Hal Ini, Tiap Anggota Keluarga Bahagia
Sumber: thinkstock

Marriage / 22 September 2013

Kalangan Sendiri

Suami Istri Kuasai Hal Ini, Tiap Anggota Keluarga Bahagia

Lois Official Writer
4729

Menikah bukan hal yang mudah dijalani, apalagi saat masalah datang. Pernikahan yang nantinya membuahkan anak akan bertambah ribet kalau masalah tidak pernah diselesaikan. Diperlukan beberapa keahlian agar pernikahan Anda tetap harmonis, agar setiap anggota keluarga yang ada di dalamnya mengalami kedamaian. Apa saja keahlian yang sebaiknya dimiliki pasangan suami istri? Dr. Susan Heitler, pendiri “Power of Two Marriage” mengungkapkan empat keahlian yaitu :

Mengontrol Emosi

Ketika sebuah isu menjadi perdebatan, jangan dibesar-besarkan hingga terjadi pertengkaran. Selesaikan dengan kepala dingin, kontrol emosi sehingga kata-kata yang menyakitkan tidak keluar dari mulut salah satu pasangan. Kemampuan mengontrol emosi ini juga penting dimiliki ketika Anda dan pasangan sudah memiliki anak. Dibutuhkan kesabaran ekstra untuk menghadapi si kecil agar Anda bisa menjadi orangtua yang baik.

Menyelesaikan Konflik Karena Dua Pribadi yang Berbeda

Setiap orang memiliki perbedaan, bahkan ketika mereka sudah menikah sekalipun. Karena itu, jika perbedaan itu timbul dan menyebabkan konflik, konflik tersebut harus diselesaikan agar tidak merembet nantinya. Semuanya harus didiskusikan tapi jagalah agar jangan sampai bertengkar.

Komunikasi dan Jadi Pendengar

Belajarlah untuk berkomunikasi terutama ketika ada sesuatu yang salah karena langsung menuduh tidak akan menyelesaikan masalah. Selain itu, jadilah pendengar yang baik. Kedua hal ini sangat diperlukan dalam membangun suatu rumah tangga.

Selalu Bersikap Positif

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas segala bantuannya, berikan senyuman ataupun tertawa saat dia memberi lelucon, belai lembut dan dengarkan ucapannya, terima kritikannya dengan baik dan jangan langsung sakit hati. Semua itu membuat hubungan Anda positif, membuat Anda dan si dia semakin mantap dalam menjalani bahtera kehidupan.

Ingatlah bahwa setiap bahtera rumah tangga harus dibina dan terus dipupuk. Setiap perbedaan yang ada dibicarakan baik-baik, setiap tindakan yang salah dikomunikasikan dan diperbaiki, sehingga setiap anggota keluarga kelak dapat merasakan rumah yang nyaman dan kehidupan keluarga yang bahagia.

 

Baca juga :

Cahaya Kecil, Pertemuan Hati Antara Ayah dan Anak

Ini Beberapa Cara Agar Daging Cepat Empuk

Orangtua VS Gadget

Kualitas yang Menentukan Cara Hidup

Mitos Seputar Kerontokan Rambut dan Kebenarannya

Selamatkan Usaha Anda dari Ancaman Krisis

Thread Forum JC : Aksi Solidaritas (JCers Goes To Panti Rehab YBMI)  

Ayah, Mengapa Kau Memukulku ?

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami