5 Cara Alami Cegah Mual Saat Mudik
Sumber: Google

Health / 10 July 2015

Kalangan Sendiri

5 Cara Alami Cegah Mual Saat Mudik

Theresia Karo Karo Official Writer
6316
Hari Raya Lebaran sudah di depan mata, libur pun tiba. Bagi beberapa orang, mudik saat hari raya adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Waktu ini dimanfaatkan dengan berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman. Bagi yang akan melakukan perjalanan jauh, baik lewat jalur darat, laut atau udara, mungkin ada yang tidak tahan dengan motion sickness atau yang biasa disebut dengan mabuk perjalanan. Gejalanya, biasanya mulai dari pusing dan mual.

Menurut dr Margareta Komalasari, Sp.A mabuk perjalanan terjadi apabila system vestibular atau pusat keseimbangan di telinga bagian dalam terganggu. Kemudian merangsang produksi zat histamine yang akan merangsang otak sehingga menimbulkan reaksi muntah atau mual.

Selain itu, biasanya terdapat tiga faktor yang menjadi penyebab mual yakni, keturunan dari orangtua, kondisi tubuh saat melakukan perjalanan tidak fit, dan terakhir perut yang kosong. Berikut beberapa tips alami yang dapat membantu Anda mengatasi mabuk perjalanan saat mudik:

Atur posisi tempat duduk
Letak tempat duduk ternyata turut berpengaruh dalam menyebabkan mabuk perjalanan. Bila menggunakan kapal laut, lebih baik  untuk memilih kabin bagian tengah, sebabnya pada titik ini goyangan kapal tidak terasa. Bila menggunakan pesawat terbang, mintalah tempat duduk di dekat tepi sayap depan.

Sedangkan bila Anda mudik menggunakan kereta api, lebih baik duduk di dekat jendela dan menghadap kedepan. Terakhir, bila Anda berencana menggunakan mobil atau bus sebaiknya duduk di dekat sopir.

Duduklah dengan santai
Usahakan agar posisi mata memandang terpaku pada 45 derajat di atas garis cakrawala. Selain itu sedapat mungkin kepala tertopang oleh sandaran kursi sehingga kepala tidak terlalu sering bergerak.

Jangan biarkan perut kosong
Bila Anda melakukan perjalanan dengan perut kosong menyebabkan lambung akan memproduksi asam dalam jumlah yang berlebihan. Sehingga berpotensi membuat lambung iritasi dan merangsang reflek mual. Makanan yang masuk juga harus dibatasi, dan penting untuk hindari makanan berlemak dan minuman dengan kadar gas tinggi seperti soda.

Siapkan jahe dan ketela
Para Peneliti dalam pertemuan Digestive Disease Week menyampaikan bahwa jahe efektif dalam mengurangi mabuk perjalanan. Cukup dengan menyediakan minuman seduhan bubuk jahe atau rebusan teh jahe setiap 15 menit selama 1 jam sebelum keberangkatan. Bisa juga dengan membawa ketela rambat mentah yang dikupas. Dengan mengkonsumsi ketela rambat mentah mampu mengurangi perasaan mual.

Dilarang membaca
Mata ternyata juga berhubungan dengan keseimbangan. Bila Anda membaca, aktifitas ini justru akan menimbulkan rasa mual karena harus memfiksasi mata. Bila sudah bosan, lebih baik coba untuk tidur selama perjalanan.

Setelah sampai tujuan, sebaiknya beristirahat sejenak demi kebaikan tubuh. Cukup sederhana bukan, tips ini bisa dipraktekkan langsung untuk perjalanan yang nyaman dan bebas mual. Selamat mencoba dan selamat bersiap untuk mudik!

Anda diberkati dengan artikel ini, yuk share artikel ini di Facebook-mu dan ajak teman-temanmu untuk re-share link artikelnya. Semakin banyak yang re-share, semakin keren hadiahnya. Keterangan lebih lanjut, KLIK DI SINI.

Sumber : Okezone/Tanyadok.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami