JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Kira-Kira Berapa Besar Potensi Bencana 2011?

MONDAY, 20 DECEMBER 2010

Total View : 1504 times

Dari tahun ke tahun belakangan ini, kejadian bencana terhitung makin sering. Bahkan, seiring perubahan iklim global dan degradasi lingkungan diperkirakan pada 2011 hampir mustahil intensitas bencana makin surut. Kondisi itu dikemukan Direktur Pengurangan Resiko Bencana pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Senin (13/12).

Sutopo menyodorkan data peningkatan bencana tersebut. Sejak tahun 2002 terjadi sebanyak 190 kali peningkatan menjadi 1.675 pada tahun 2009 atau hampir 9x lipat. Untuk tahun 2010 sendiri, belum bisa diperhitungkan. Bencana itu termasuk hujan yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Cuaca yang menimbulkan angin kencang maupun cuaca yang menimbulkan kekeringan berkepanjangan.

Deputi Bidang Survei Dasar dan Sumber Daya Alam pada Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) Priyadi Kardono mengatakan sumber bencana terbagi dua yaitu akibat ulah manusia dan alam. Karena itu, selain menyediakan teknologi untuk mengurangi resiko, BNPB juga menerbitkan buku Rencana Penanggulangan Bencana 2010-2014, sehingga penduduk tahu apa yang harus dilakukan ketika bencana hendak datang.

Menurut Sutopo, masyarakat harus mewaspadai ancaman bencana alam "buatan". "Selain menjadi laboratorium bencana alam yang sesungguhnya, Jawa maupun wilayah pulau lainnya mengalami hal serupa yaitu rentan terhadap ancaman bencana akibat ulah manusia," kata Sutopo. Jadi, tahun 2011 harus lebih siap dengan banyaknya ancaman.

Sumber : kompas/lh3

Tag Keyword : bencana alam

Imago Planet

COMMENTS

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • * christiangirl17

    2010-12-20 06:50:24
    Fitnah lebih kejam drpd pembunuhan. Nuduh agama kristen perusak alam, jangan asal ngomong! Udah suka ngarang, ngfitnah agama org, ajaran darimana tuh???? Ajaran mu skrng yee... Bilang aja lo tuh sirik! Sirik tanda tak mampu, kasihan deh islam agamamu, msk ke rum kristen ngasih koment" yang ngasal ngarang seenak jidat nya...
  • * noel

    2010-12-20 04:46:39
    kok ini nyasar2 kesini?? apa dia nggak ada kerjaannya ya....??? btw, saya tidak pernah menemukan bahwa kita harus merayakan natal Tuhan Jesus. dan tidak ada tertulis pula bahwa itu tanggal 25december. ini adalah tradisi orang2 di eropa dulu awalnya... wahyu terakhir bilang jangan menambah titik atau koma dalam ALKITAB yang adalah FIRMAN TUHAN. ALKITAB adalah benar. halleluyah PUJI TUHAN JESUS JURU SELAMAT DUNIA... satu yang saya tau, tidak ada seorangpun sampai ke sorga kalo tidak melalui DARAH TUHAN JESUS. percayalah bahwa segala dosa kita sudah dihapus Tuhan di kayu salib. amien
  • * Islam agamaku

    2010-12-20 04:24:18
    Semuanya itu menunjuk pada agama kriesten, pohon natal harus ditebus dgn pengrusakan alam, bencana demi bencana trus saja melanda! Natal identik dgn pengrusakan alam.