4 Mobil Kepresidenan yang Mungkin Digunakan Jokowi

Nasional / 11 August 2014

Kalangan Sendiri

4 Mobil Kepresidenan yang Mungkin Digunakan Jokowi

Lois Official Writer
6232

Jika gugatan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa ditolak Mahkamah Konstitusi dan Joko Widodo bersama Jusuf Kalla naik sebagai RI 1 dan RI 2, tentu Jokowi akan menggunakan mobil khusus kepresidenan. Pada saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi menggunakan Innova sebagai mobil operasionalnya.

Pengamat Intelijen Wawan Purwanto mengatakan, sebagai presiden Jokowi tak bisa lagi menggunakan kendaraan dengan standar keamanan rendah. Mobil dinasnya harus menjalani perombakan demi keselamatannya, sekaligus menjaga kerahasiaan negara. “Yang jelas clear dari penyadapan, dan ada kunci-kunci tertentu yang harus diubah, karena semua serba elektronik, harus ada kode-kode sandi di mobil itu. Harus diubah total, enggak boleh ada yang lalu-lalu kemudian dipakai lagi,” ujarnya. Berikut ini beberapa mobil yang mungkin dipakai Jokowi jika dilantik menjadi presiden Republik Indonesia, yaitu :

Mercedes-Benz S600

Mobil ini mobil dinas yang digunakan Presiden SBY setiap kali melakukan kunjungan ke berbagai daerah. Soal keamanan, mobil ini tak main-main. Pada bagian body dan kaca telah terpasang lapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7. Artinya, mobil ini mampu menahan ledakan yang ditimbulkan granat tangan, ataupun bahan peledak ringan lainnya.

Mobil ini juga dilengkapi ban run-flat, tangki bahan bakar 90L dan sistem pemadam kebakaran otomatis. Ban yang digunakan adalah Michelin PAX 245-700 R470 AC. Dilengkapi juga dengan sistem pengaturan udara segar darurat, sistem control pneumatic darurat untuk membuka jendela, serta Panic Alarm System tambahan. Di dalamnya terpasang tiga kamera di bagian belakang. Kaca bagian depan dan jendela depan juga tahan panas. Sistem adjustable doorhold digunakan di keempat pintu, pintu belakang dapat ditarik dan menutup otomatis, serta tirai belakang listrik. Mobil ini mampu dipacu sampai 210 kilometer/jam.

Esemka

Mobil ini sempat dipromosikan Jokowi saat masih menjabat sebagai Walikota Solo. Mobil ini dilengkapi mesin DOHC dengan 16 valve yang sudah multi point injection. Mesin yang disebut buatan siswa SMK ini diberi merk Esemka 1.5i dengan 4 silinder segaris. Tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 105 horsepower (HP) pada 5.500 rpm, sehingga karakter mesin berdaya besar pada putaran tinggi.

Tangki bensin yang mampu menampung 75L dengan perbandingan satu liter untuk 12 kilometer (dalam kota) dan 13,5 kilometer (luar kota). Mesin berkapasitas 1.500 cc, suspense double whisbone, ada sensor parkir dan pendingin udara double blower. Kemampuannya diklaim pembuatnya sekelas Ford Everest atau Mitsubishi Pajero, sedang mesinnya setara Daihatsu Xenia atau Toyota Avanza. Jika mobil ini yang dipakai Jokowi, tentu ada banyak perubahan yang harus dilakukan untuk menjaga keamanannya.

Innova

Sejak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi selalu menggunakan Toyota Innova sebagai andalannya saat blusukan. Mobil bernomor polisi B 1124 BH ini bermesin DOHC dengan 16 katup serta 4 silinder segaris. Hanya saja kecepatannya hanya mampu mencapai 102 km/jam.

Kendaran ini dilengkapi Double Wishbone dengan Pegas Koil dan Stabilizer. Saat didaulat menjadi calon presiden, dia tetap menggunakan mobil sejenis, hanya membedakan warnanya. Jika gubernur, mobilnya berwarna hitam, sedangkan saat berpolitik mobilnya berwarna putih.

Cadillac One

Mobil kepresidenan Amerika bisa menjadi contoh soal keamanan. Barack Obama, presiden Amerika sendiri menggunakan Cadillac DTS limusin atau lebih dikenal dengan nama Cadillac One. Bodi mobil ini terbuat dari lais baja hardened, titanium, aluminium, dan dilapis keramik untuk menahan serangan peluru penembus metal. Rangkanya setara truk ukuran medium, diperkuat dengan Kevlar dan logam setebal 5 inci di bagian bawah, sehingga mampu menahan serangan bom ataupun granat.

Bagian ban diperkuat dengan bahan Kevlar yang tahan sobek dan pecah, ditambah penguat baja. Jika lapisan luar sobek, ada lapisan baru yang akan menggantikannya secara otomatis. Mobil ini juga dilengkapi senjata jenis shotgun, night-vision, dank anon gas air mata. Terdapat sebuah tabung khusus berisi darah yang bisa dipakai presiden saat membutuhkan transfusi darah darurat.

Mobil ini dilengkapi akses Wi-Fi, telepon satelit yang punya koneksi tersambung langsung ke Wakil Presiden dan Pentagon. Mesinnya berkapasitas 6.500 cc berbahan bakar solar. Sayangnya, kecepatan maksimum hanya mampu mencapai 96 km/jam dengan konsumsi bahan bakar sekitar 8 mil per gallon.

 

Anda mungkin juga tertarik :

Trend Bossless Office, Kantor Tanpa Bos

9 Kebiasaan Orang Indonesia yang Buat Kaya (2/2)

Konsumsi Ini Jika Ingin Pendengaran Tajam

Atas Segala Sesuatu

7 Cara Lepas dari Hubungan yang Disertai Kekerasan

Sumber : merdeka.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami