Prabowo: Kecurangan Marak, Pemilu Harus Diulang Agar Sah!
Sumber: jawaban.com

Nasional / 20 July 2014

Kalangan Sendiri

Prabowo: Kecurangan Marak, Pemilu Harus Diulang Agar Sah!

Theresia Karo Karo Official Writer
3159

Prabowo Subianto desak Komisi Pemilihan Umum (KPU) lakukan pemilihan ulang. Pengumuman pemilihan presiden (Pilpres) oleh KPU kurang dari tiga hari, kubu presiden nomor urut satu menyarankan agar KPU menunda pengumuman di 22 Juli dengan alasan banyaknya kecurangan dalam pemilu.

"Indikasi kecurangan yang cukup masif dan ini harus kita lakukan pemilihan ulang supaya sah," ungkapnya saat ditemui di kediaman Habibie di Jakarta (19/7). Banyaknya laporan kejanggalan dan kecurangan yang dihimpun oleh timnya membuat Prabowo prihatin. "Kalau tidak salah di Jakarta Bawaslu sudah setuju pemilihan ulang di 5800 TPS, karena ada keanehan kejanggalan," ungkapnya. Bukan hanya di Jakarta, beberapa daerah lain antara lain Jawa Timur dan Kalimantan Tengah. Bila tidak ada kecurangan, Prabowo mengklaim bahwa pihaknya bisa meraih kemenangan. 

Menanggapi hal ini, kubu presiden nomor urut dua menyatakan bahwa KPU tidak perlu melakukan pemilihan ulang. Tim Kampanye Jokowi-Jusuf Kalla, Marwan Jafar menyampaikan, "ya pemilu sudah selesai. Sudah legitimit partisipasi rakyat sudah selesai. Kalau kecurangan itu siapa? Yang banyak pihak Jokowi yang sering dicurangi saja nggak pernah minta pemilu ulang," jelasnya. 

Selain itu, Pakar Hukum Pidana dari UII Yogyakarta, Mudzakir menyampaikan bila ada pihak yang tidak puas dengan hasil pemilu 9 Juli oleh KPU, kedua pihak sebaiknya menempuh jalur hukum ke Mahkamah Konstitusi. "Kalau merasa ada kecurangan tempuh jalur hukum, datang ke MK, buktikan. Media MK jalur satu-satunya untuk memberikan reaksi pengumuman ketetapan KPU. Kalau sudah MK keputusan final, terima secara legowo," jelasnya. 

Lembaga hukum ini akan membuka pendaftaran selama tiga hari penuh untuk mengurusi sengketa pilpres 2014. Kabar ini diperkuat dengan imbauan dari Ketua MK sendiri, Hamdan Zoelva agar pasangan capres yang keberatan dengan hasil pemilu untuk langsung menempuh jalur konstitusional.

 

Baca Juga:

Setelah Ditinggal Suarez, The Reds Sibuk Belanja

Manchester United Jajal Kemampuan 'The Next Ronaldo'

Iwan Fals: Gaza, Panggung Setan Paling Tega!

Operasi Tangkap Tangan, KPK Amankan Lima Tersangka dan Dollar

Brave, Serukan Tantangan Iman Karya Moriah Peters

Jangan Buru-Buru Pacaran Kalau Masih...

Sumber : Kompas/Merdeka.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami