Ini Cara Awasi Benar Tidaknya Perhitungan Suara KPU
Sumber: tribunnews.com

Nasional / 11 July 2014

Kalangan Sendiri

Ini Cara Awasi Benar Tidaknya Perhitungan Suara KPU

Lois Official Writer
2531

Komisi Pemilihan Umum akan mengumumkan hasil resmi Pemilu Presiden pada Selasa, 22 juli 2014. Penghitungan suara secara manual atau juga disebut real count KPU ini dapat diawasi oleh partai politik sampai masyarakat luas. Hal ini dikarenakan KPU mempublikasikan hasil scan formulir C11 dari KPU Kabupaten/Kota dalam website resminya.

Hasil scan yang dalam gambar format JPEG itu ditaruh di website KPU ini. Adapun formulir C1 ini berisi data penting seperti jumlah pemilih yang terdaftar di Tempat Pemungutan Suara (TPS), jumlah surat suara yang dikirim, jumlah surat suara yang baik dan yang rusak, jumlah surat suara yang digunakan, jumlah surat suara sah dan tidak sah, dan rincian perolehan suara sah masing-masing capres.

Anda dapat mengecek semua perolehan suara capres di mana saja. Anda juga dapat mengecek presentasi hasil scan formulir C1 di masing-masing provinsi. Sejauh ini provinsi yang telah menggunggah data C1 secara keseluruhan yaitu Gorontalo. Selebihnya, ada beberapa yang belum lengkap.

Kendati hasil scan formulir C1 memungkinkan masyarakat untuk mengawasi proses real count, namun KPU mengingatkan bahwa data C1 yang dikirim dari kabupaten / kota bersangkutan merupakan hasil yang diplenokan pada tingkatannya, bukan hasil final di tingkat nasionl. Menurut KPU, data tersebut dapat berubah sesuai hasil rapat pleno di tingkat pusat.

 

Baca juga :

Kontes Foto dan Artikel, Gabung Di Sini

The Fault In Our Stars - Kisah Cinta Remaja Penderita Kanker

Daripada Taruhan, Lebih Baik Lakukan Ini

Langkah Mudah Sinkronisasi Data ke Smartphone Baru

Sumber : viva.co.id by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami