Akil: Sampai ke Surga Saya Akan Banding
Sumber: Detik.com

Nasional / 1 July 2014

Kalangan Sendiri

Akil: Sampai ke Surga Saya Akan Banding

Lori Official Writer
2389

Vonis seumur hidup yang dijatuhkan kepada Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi M Akil Mochtar dinilai berat sebelah. Sehingga dirinya mengajukan banding terkait putusan Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang tidak mempertimbangkan fakta persidangan.  

 

Akil menyampaikan akan terus mengajukan banding, bahkan hingga ke surga sekalipun bila ternyata ditolak juga.  “Sampai Tuhan, saya akan banding. Sampai ke surga pun, saya akan banding,” tegas Akil seusai sidang di Pengadilan Tipikor, Senin (30/6).

 

Namun dilain sisi, para pengamat hukum menyatakan bahwa vonis seumur hidup yang dijatuhkan kepada Akil dinilai sudah tepat. Alasannya karena sebagai pejabat lembaga peradilan di Mahkamah Konstitusi, Akil telah menghancurkan kepercayaan masyarakat.

 

“Kasus korupsi yang melibatkan aparatur hukum apalagi hakim Mahkamah Konstitusi yang keputusan seolah keputusan Tuhan, yang tidak bisa digugat lagi dan harus diterima, membuat vonis tersebut sangat pantas diberikan kepada Akil,” kata penggiat antikorupsi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Dahnil Anzar, seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (1/7).

 

Adapun putusan hakim menyatakan, Akil terbukti menerima suap, gratifikasi, dan melakukan pencucian uang terkait kasus sengketa pemilihan kepala daerah Lampung Selatan. Vonis seumur hidup itu juga diberatkan karena Akil adalah ketua MK yang sepatutnya bersih dari korupsi.

 

Para pengamat hukum dan penggiat antikorupsi berharap agar hukuman seumur hidup ini menjadi angin segar bagi peradilan di Indonesia untuk memberi efek jera bagi pelaku korupsi dan mencegah berulangnya kasus serupa.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

JK: Debat Bukan Soal Menang dan Kalah

 

Paulus dan Lena: Cinta Sejati yang Membangkitkan

 

3 Kejutan Tak Terduga Bagi Kubu Jokowi-JK

Elton John: Yesus Mendukung Pernikahan Sesama Jenis

 

 

Untung Menggiurkan, Pilih Bisnis Sewa Rumah atau Kos-kosan?

Jatuh Sakit, Ketua IDI: Mungkin JK Terlalu Lelah

Sumber : Kompas.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami