Teror ISIS di Irak, Staff PBB Ditarik
Sumber: REUTERS/Stringer Irak

Nasional / 17 June 2014

Kalangan Sendiri

Teror ISIS di Irak, Staff PBB Ditarik

Theresia Karo Karo Official Writer
2992

Situasi Irak memanas dengan aksi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah atau juga dikenal dengan sebutan ISIS. Berbagai serangan selama sepekan belakangan yang dilancarkan telah menelan banyak korban dan memaksa 500.000 orang untuk mengungsi.

Ancaman keamanan ini terlihat dari ISIS yang merebut beberapa kota besar, salah satunya adalah Mosul. ISIL berhasil menduduki pangkalan militer dan membebaskan ratusan tahanan pada Selasa (10/6) dini hari dalam rangka melawan pemerintah Irak

Kekacauan ini menjadi alasan bagi PBB untuk menarik staf internasional dari Irak. Anggota staf internasional Misi Bantuan PBB di Irak (UNAMI) akan ditarik dari Baghdad, ibu kota Irak. Juru bicara PBB Farhan Haq, pada hari Senin (16/6) menyampaikan, “sebanyak 58 staf telah dipindahkan dari Baghdad ke Amman, Jordania. Tujuannya adalah memindahkan mereka di Erbil, di Irak. Sebagian pemindahan lagi juga mungkin dilakukan dalam beberapa hari ke depan.”

Kemarin (16/6), ISIS bahkan merilis photo eksekusi sekitar 1700 prajurit Irak. Pembantaian ini menjadi sorotan dunia, pemerintah Amerika Serikat mengecam tindakan yang dilakukan ISIS. Rangkaian serangan ini berhasil mengejutkan pemimpin Irak dan Washington. Kedua negara khawatir krisis ini akan mengancam lebih banyak negara.

ISIL merupakan kelompok yang aktif di Irak dan Suriah, yang menjadi tempat perang saudara selama tiga tahun belakangan. Korban jiwa akibat serangan kelompok ini disinyalir mencapai 160.000 jiwa dan membuat jutaan warga kehilangan tempat tinggal.

 

 

Baca Juga:

Bayangan Politik Di Piala Dunia

Tim Siluman di Belakang Capres dan Cawapres

Angelina Jolie Buka Konferensi Kekerasan Seksual Terbesar

Kardinal Zen Kritik Rencana Pro-Demokrasi Hong Kong

Sumber : Antaranews/Kompas.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami