Inilah Janji Jokowi Untuk Pendidikan Indonesia

Nasional / 11 June 2014

Kalangan Sendiri

Inilah Janji Jokowi Untuk Pendidikan Indonesia

Lori Official Writer
4327

Sebagai bagian dari kampanye menjelang Pemilihan Presiden 9 Juli nanti, calon Presiden Joko Widodo atau Jokowi melontarkan visinya bagi pendidikan bangsa ke depan bila terpilih sebagai Presiden.  

 

Saat tengah bertemu dengan forum Lokakarya Peningkatan Kualitas Guru di Hermes Palace Hall, Medan, Senin (9/6), dirinya menjanjikan perbaikan sistem pendidikan dalam dua hal utama.

 

Menghapus sistem ujian nasional

 

Kontroversi Ujian Nasional yang diberlakukan sejak tahun 2004 silam menjadi salah satu perbaikan yang dijanjikan oleh Jokowi. Dirinya menyampaikan akan menghapus sistem Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

 

“UN SD dan SMP lebih baik tidak ada. Sedangkan untuk SMA UN tetap ada tapi jangan sipakai sebagai patokan kelulusan melainkan untuk pemetaan kualitas pendidikan,” kata Jokowi.  

 

Dirinya menilai akan lebih baik bila pelajaran karakter diterapkan dalam kurikulum SD, SMP dan SMA.  

 

Menaikkan tunjangan guru

 

Sementara lainnya, Jokowi juga merencanakan penaikan anggaran tunjangan guru, khususnya honorer sebagai bentuk apresiasi terhadap peran guru dalam mencerdaskan anak bangsa. “Guru honorer masih ada sekitar 12 ribu kalo nggak keliru, sedang diurus. Faktanya kita kekurangan guru. Masalahnya keputusan di menpan bukan di Gubernur. Oleh karena itu kesejahteraan guru itu wajib, baik guru honorer maupun PNS,” ujar Jokowi pada bulan Mei silam.

 

Hal senada juga disampaikannya dihadapan para guru sekota Medan dalam kesempatan kunjungannya ke kota Medan, Selasa (10/6). Ia menegaskan bahwa isu penghapusan tunjangan guru yang sempat mengendus adalah fitnah. “Isu (penghapusan tunjangan guru) itu tak benar, malah saya akan menaikkan tunjangan verifikasi guru,” tuturnya.

 

Adalah harapan besar bila nantinya, siapapun presiden terpilih Indonesia mengutamakan pembenahan pendidikan, yang selama ini masih mengundang polemik bagi guru dan pelajar. Sebab pendidikan adalah salah satu pondasi penentu kemajuan bangsa.  


Baca Juga Artikel Lainnya:

FIFA Buka Akun Instagram Resmi Piala Dunia

'Writing & Photo Contest' Jawaban.com, Ajak Keluarga Berbagi Cerita

 

Yoseph Haryono: Film Porno Membuatku Pincang

 

Buang Sampah Sembarangan, Ahok: Saya Catat KTP Kamu!

 

Pemimpin Israel-Palestina Gelar Doa Bersama Paus di Vatikan

 

Sumber : Tribunnews.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami