Jenderal Sisi Menang Mutlak Pilpres Mesir 2014

Nasional / 29 May 2014

Kalangan Sendiri

Jenderal Sisi Menang Mutlak Pilpres Mesir 2014

daniel.tanamal Official Writer
2558

Panglima militer Mesir yang menggulingkan mantan Presiden Mesir Mohamed Mursi, Abdel Fattah el-Sisi atau Jenderal Sisi memenangkan pemilu presiden tahun ini. Dari perhitungan suara hingga Rabu, 27 Mei 2014, Sisi menang mutlak dengan 92,2 persen suara di lebih dari 50 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sementara itu saingannya, Hamdeen Sabahi hanya mendapat 3,2 persen suara, sedangkan 4,6 persen suara dinyatakan tidak sah. “Kami gembira karena Sisi memiliki banyak pendukung. Kami di sini untuk merayakannya,” kata Kawther Mohamed, pendukung Mesir yang menuju Tahrir Square sebagai bentuk perayaan kemenangan Sisi.

Sejak awal, Sisi memang telah diprediksi menang. Kembang api langsung meletus di Kairo ketika ia muncul. Para pendukung meramaikan jalan-jalan Mesir dengan mengibarkan bendera bergambar Sisi dan menyalakan klakson kendaraan mereka.

Pemilu Mesir digelar pada 26-27 Mei 2014 kemarin. Namun karena minimnya warga yang datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya, pemilu pun diperpanjang hingga 28 Mei. Sejumlah polisi disiagakan di berbagai lokasi. Namun, pemilu berjalan dengan lancar tanpa aksi teror yang mewarnainya.

 

 

 

 


Sumber : Tempo | Reuters
Halaman :
1

Ikuti Kami