8 Tahun Lumpur Lapindo, 110 Survivor Hadir di Tengah Semburan
Sumber: VOA

Nasional / 29 May 2014

Kalangan Sendiri

8 Tahun Lumpur Lapindo, 110 Survivor Hadir di Tengah Semburan

Theresia Karo Karo Official Writer
4683

Delapan tahun sudah lumpur panas lapindo mengeluarkan muntahannya di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Memperingati hari ini Dadang Christanto membuat 110 patung dengan judul Survivor (Penyintas).

Patung berbentuk manusia ini terbuat dari semen yang berdiri dengan tangan yang menengadah diletakkan didepan dada. Patung ini menjadi bukti atas penderitaan yang dialami warga akibat lumpur panas Lapindo Brantas. Selain itu juga ada patung yang membawa barang ditangannya, seperti perabotan rumah tangga, mainan anak, peralatan sekolah, peralatan memasak dan benda lainnya yang juga dilumuri lumpur sekaligus dianggap mewakili aktivitas warga yang hilang karena semburan ini.

Menurut berita yang dilansir dari VOA, Dadang berkata, “kalau ada orang berduka atau demonstrasi di kota-kota entah di Chili, entah di Eropa, entah di mana, kalau ada orang hilang mereka akan membawa foto begini (menadahkan tangan keatas). Atau kalau ada yang berduka cita atau ke kuburan, misalkan seorang bapak mengantarkan jenasah anaknya juga dengan cara demikian. Jadi tangan begini ini bukan meminta tapi memberi bukti, memberi kesaksian," ujarnya.

Harapan para korban lapindo ini agar pemerintah mendatang bisa menyelesaikan segala urusan terkait ganti rugi yang menjadi harapan masyarakat untuk melanjutkan hidup. Semoga tahun kedelapan ini menjadi peringatan terakhir kesusahan warga Porong yang menjadi korban lumpur panas.

 

 

Baca juga :

Tips Pintar Cari Modal Awal Untuk Usaha

Saya Mengerti Bagaimana Caranya

Suami Istri Nonton Film Porno? Ini Dampaknya

Twitter Akan Rilis Semua Tweet Pada Para Ilmuwan

Sumber : VOA/Tempo.co by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami