KPK : Kasus Pajak Hadi Poernomo Seperti Kasus Gayus
Sumber: http://esq-news.com

Nasional / 23 April 2014

Kalangan Sendiri

KPK : Kasus Pajak Hadi Poernomo Seperti Kasus Gayus

Budhi Marpaung Official Writer
3376

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Busyro Muqoddas menyatakan kasus pajak dengan tersangka mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Hadi Poernomo, memiliki kesamaan dengan kasus Gayus H. Tambunan. Adapun kesamaan yang ia maksudkan adalah sang tersangka pasti menerima imbalan setelah meluluskan permintaan pihak yang bermasalah dengan pajak.

"Tarifnya ada yang mengajukan permohonan, pembebasan pajak, kemudian modusnya diberikan, lalu ada kick back (timbal balik)-nya, ada aliran (uang)," ujar Busyro di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Selasa (22/4/2014).

Mengenai nilai imbalan yang diduga diterima Hadi, Busyro mengaku KPK sedang mendalami indikasi aliran dana tersebut. Ia pun memastikan KPK akan segera memeriksa saksi-saksi dari BCA dan menelusuri aset Hadi Poernomo.

Sementara itu, dalam konferensi pers yang berlangsung kemarin, Selasa (22/4/2014), Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menolak untuk mengomentari penetapan status tersangka Hadi Poernomo.

"Tentang KPK atau Pak Hadi Poernomo, itu di luar kemampuan kami. Kami menghormati proses hukum," ujar Jahja di Menara BCA, Jakarta.

Meski begitu, Jahja menyatakan siap apabila dirinya diperiksa penyidik KPK terkait dugaan korupsi dalam permohonan keberatan wajib pajak BCA . "Harus siap, kalau memang harus diperiksa harus siap," tandasnya.

Kasus Pajak Hadi Poernomo merupakan ujian bagi Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia yang selama ini mengusung reformasi bidang perpajakan. Jika di dalam proses hukum nanti ternyata menguat adanya pelanggaran hukum yang merugikan negara berarti semangat reformasi yang disampaikan ke publik masih berupa jargon.

Tantangan besar kini menanti Dirjen Pajak RI apakah lembaga ini benar-benar mau membenahi diri. Sebab jika tidak dilakukan sungguh-sungguh maka jangan pernah berharap rakyat akan bisa percaya kepada Dirjen Pajak RI.

 

Baca juga: 

KPK : Hadi Poernomo Rugikan Negara Rp 375 Miliar

Imago Zuper Deal

Lagu Tuhan Pasti Buka Jalan Stefano Sanjaya, Memang Beda!

Keteladanan Hidup Sara, Istri Abraham

Kopi Darat Forum JC 3 Mei 2014

Paskah Setiap Hari

Sumber : kompas.com, teraspos.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami