KPK : Hadi Poernomo Rugikan Negara Rp 375 Miliar
Sumber: http://esq-news.com

Nasional / 22 April 2014

Kalangan Sendiri

KPK : Hadi Poernomo Rugikan Negara Rp 375 Miliar

Budhi Marpaung Official Writer
2619

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad mengaku pihaknya sudah menetapkan status tersangka kepada Hadi Poernomo, mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan RI, atas kasus korupsi terkait permohonan keberatan pajak yang diajukan Bank Central Asia (BCA), 17 Juli 2003.

Abraham Samad dalam keterangan pers, Senin (21/4/2014) kemarin, mengatakan bahwa Hadi diduga melakukan perbuatan melawan hukum yakni menyalahgunakan jabatannya saat itu sebagai Direktur Jenderal Pajak 2002-2004.

"BCA Tbk dalam hal ini mengajukan keberatan pajak atas transaksi non performance loan sebesar Rp 5,7 triliun kepada Direktorat PPh (Pajak Penghasilan). Kemudian, setelah surat itu diterima PPh, maka dilakukan pengkajian lebih dalam untuk bisa mengambil kesimpulan," jelas Abraham Samad di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.  

"Direktur PPh menyampaikan kepada Dirjen Pajak dalam kesimpulannya bahwa permohonan wajib pajak BCA harus ditolak," sambung Abraham.

Namun, pada 18 Juli 2004, Hadi selaku Dirjen Pajak ketika itu justru memerintahkan Direktur PPh untuk mengubah kesimpulan. "Dia meminta Direktur PPh, selaku pejabat penelahaan, mengubah kesimpulan yang semula dinyatakan menolak diubah menjadi menerima seluruh keberatan. Di situlah peran Dirjen Pajak Saudara HP (Hadi)," tutur Abraham.

Atas perbuatan Hadi ini, tandas Abraham, negara diduga mengalami kerugian sekitar Rp 375 miliar. Hadi pun dijerat KPK dengan Pasal 2 Ayat 1 dan atau Pasal 3 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Sementara itu, ditemui wartawan di tempat berbeda, Hadi Poernomo mengatakan kaget dengan penetapan status tersangka dirinya. Namun, ia menegaskan bakal menjalani seluruh proses hukum di KPK. 

"Saya akan melakukan apa yang dilakukan KPK sesuai prosedur hukum yang dilakukan," ujar pria yang Senin (21/4/2014) resmi pensiun dari BPK dan berulangtahun ke-67.

 

Baca juga: 

KPK: Jangan Golput, Pilih Caleg Jujur

Imago Zuper Deal

Keteladanan Hidup Sara, Istri Abraham

Kopi Darat Forum JC 3 Mei 2014

Paskah Setiap Hari

Sumber : berbagai sumber / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami