Kasus Asusila JIS, Uang Tak Bisa Beli Moral

Nasional / 17 April 2014

Kalangan Sendiri

Kasus Asusila JIS, Uang Tak Bisa Beli Moral

daniel.tanamal Official Writer
3535

Pemerhati anak dan remaja, Anrio Marfizal mengatakan bahwa dalam proses pengajaran seorang anak didik harus diperlakukan dengan baik dan penuh kasih sayang, bukan karena anak tersebut mampu membayar biaya pendidikan.

Hal itu dikatakannya terkait dengan kasus asusila yang terjadi di lingkungan Jakarta International School (JIS). Seorang siswa TK disodomi oleh petugas kebersihan sekolah tersebut. “Ternyata uang tidak bisa membeli moral, jadi dalam proses mendidik itu harus penuh cinta, bukan karena siapa yang mampu bayar,” katanya seperti dirilis Okezone, Rabu (16/4/2014).

Anrio melihat ironi bahwa pendidikan bertaraf internasional yang seharusnya memberi jaminan terhadap keselamatan dan pembangunan moralitas anak didik justru lebih berorientasi transaksional ketimbang mengedepankan misi pendidikan.

Untuk itulah dirinya menambahkan bahwa dalam kontrol penyajiaan sistem pendidikan serta keamanan, harus dipersiapkan secara matang sehingga anak bisa merasa nyaman dalam mengikuti kegiatan belajar di lingkungan sekolah.

“Kontrol pendidikan juga harus diperhatikan, nilai-nilai pendidikan yang bersifat moral harus dominasi dalam lembaga pendidikan tersebut, namun sayangnya sekarang nilai-nilai moralitas hanya bersifat teoritis saja,” tandasnya.

Selain itu, orang tua murid juga diharapkan harus mempunyai peranan penting dalam mendidik anak agar terhindar dari pelecehan seksual. “Orang tua wajib memberi pengetahuan terhadap anak, apa saja bagian tubuh yang boleh disentuh dan yang tidak boleh disentuh. Jika dalam kondisi darurat si anak pun berhak untuk berteriak dan minta tolong,” tutupnya.

 

Sumber : Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami