TKI Satinah Akhirnya Selamat Dari Hukuman Pancung
Sumber: Solopos.com

Nasional / 4 April 2014

Kalangan Sendiri

TKI Satinah Akhirnya Selamat Dari Hukuman Pancung

Budhi Marpaung Official Writer
4947

Tenaga Kerja Indonesia yang divonis hukuman mati di Arab Saudi, Satinah binti Jumadi Ahmad, dipastikan selamat dari hukuman pancung. Pasalnya, pemerintah Indonesia telah menyepakati jumlah uang darah (diyat) yang harus dibayarkan kepada keluarga korban yakni sebesar tujuh juta Riyal.

"Yang sudah disetorkan di pengadilan sekarang ini lima juta Riyal. Jadi tinggal akan memproses dua juta Riyal itu dalam satu, dua hari ini," kata Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Gatot Abdullah Mansyur kepada BBC Indonesia di Jakarta, Kamis (3/4/2014) siang WIB.

Meski terbebaskan dari hukuman pancung, Gatot menegaskan bahwa Satinah tetap akan menjalani dua proses persidangan.

"Persidangan pertama untuk mengecek pelunasan diyat. Persidangan berikutnya adalah sidang hak umum karena tindakan Satinah dinilai Arab Saudi telah melanggar ketertiban umum," tuturnya.

Namun BNP2TKI dan pemerintah Indonesia optimis Satinah bakal bebas dan bisa segera dipulangkan ke tanah air. Pasalnya, ibu dari Nur Afiana itu telah menjalani tahanan selama 7 tahun.

"Ya ini paling lambat ya akhir April sudah di Indonesia. Tapi bisa lebih cepat, apalagi tentu kita akan mengupayakan proses persidangan lebih cepat. Kantor Kerajaan Saudi juga membantu agar cepat," jelas Gatot.

Terlepas adanya pro kontra atas tindakan yang diambil oleh pemerintah Indonesia terkait kasus pembebasan Satinah, mari kita berharap ke depan perlindungan dan pengayoman terhadap para TKI yang ada di luar negeri semakin diperkuat. Jika memang harus, apabila ada negara asing yang secara fakta kerap melakukan pelecehan atau melakukan tindakan sewenang-wenang kepada para TKI, tak ada salahnya pemerintah menghentikan pengiriman TKI ke negara yang dimaksud.

 

Baca juga : 

Pemerintah dan Publik Upayakan Pembebasan TKI Satinah

Join IMAGO Festival 2014 

Kopi Darat Forum JC 3 Mei 2014

Forever, Single Terbaru Khas Kari Jobe

Pijakan yang Kuat

Tips Membuat Anak Lebih Betah di Rumah

Sumber : berbagai sumber / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami