Gempa 8,2 SR di Chile Berpotensi Tsunami 2 Meter
Sumber: reuters

Nasional / 2 April 2014

Kalangan Sendiri

Gempa 8,2 SR di Chile Berpotensi Tsunami 2 Meter

Lois Official Writer
3862

Chile Utara baru saja mengalami gempa berkekuatan 8,2 Skala Richter (SR) pada Selasa malam (1/4/2014) waktu setempat dan hal ini berpotensi menyebabkan tsunami. Menurut BBC, Rabu (2/4/2014) ada gelombang setinggi 2 meter yang menuju pantai Chile yang sedang menuju pantai Chile.

Gempa tersebut berpusat 60 mil sebelah barat laut Iquique, sebuah kota tambang, pada kedalaman 12,5 km, menurut US Geological Survey. Kantor Darurat Nasional Chile langsung meminta semua warga yang tinggal di pesisir pantai untuk evakuasi dan mencari tempat yang lebih tinggi melalui jejaring sosial.

Adapun peringatan tsunami itu berlaku untuk Chile, Peru, dan Ekuador. Selain itu, peringatan juga dikeluarkan bagi Kolombia, Panama, dan Kosta Rika. Sementara peringatan tsunami untuk Hawaii masih dievaluasi. Untuk Alaska, Washington, Oregon, dan California masih dianalisis tingkat bahayanya.

Chile memang rawan gempa bumi dan letusan gunung berapi karena terletak di busur gunung berapi dan garis patahan Dasar Pasifik, dan dijuluki sebagai negara “Ring of Fire’.

 

Baca juga :

Yang Harus Dilakukan Setiap Sahabat

Mata Menua Bisa Picu Depresi Bahkan Bunuh Diri

Ucapan Suami yang Setia Saat Mabuk

Alat Canggih yang Digunakan Untuk Mencari MH370

Tips Manajemen Desain Interior yang Baik (2/2)

Sumber : viva.co.id by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami