Perempuan Ukraina : Jangan Berikan Itu Pada Orang Rusia
Sumber: Mashable.com

Nasional / 31 March 2014

Kalangan Sendiri

Perempuan Ukraina : Jangan Berikan Itu Pada Orang Rusia

Lois Official Writer
3233

Pergolakan masih berlangsung, meskipun Rusia sudah secara resmi menyatakan Crimea merupakan bagian dari negara Rusia, bahkan peta mereka pun langsung diubah. Namun, masyarakat khususnya perempuan Ukraina menyatakan keberatannya dengan berbagai cara, termasuk mengancam tidak akan melakukan hubungan seksual dengan laki-laki Rusia.

“Kalian harus melawan musuh-musuh negara dengan segala cara yang kita bisa,” tulis si pencetus sebagai bentuk protes yang dia namakan “Jangan Berikan Itu Kepada Orang Rusia” di laman media sosial Facebook. Bentuk protes tersebut, bagi mereka punya makna yang lebih dalam dibandingkan sekedar berhenti melakukan seks lintas negara.

"Makna yang lebih dalam adalah jangan memberikan harga diri, kebebasan, dan ibu pertiwi Anda dengan murah. Kampanye ini lebih ditujukan untuk Putin dan kebijakan-kebijakannya. Ini juga bukan tindakan rasial," kata salah satu pendukung aksi protes, Irena Karpa, yang juga merupakan seorang penulis, blogger, dan musisi.

Frasa “Jangan Berikan Itu Kepada Orang Rusia” ini adalah versi modern dari sebaris puisi dari Taras Shevchenko. Laman tersebut sudah di-like oleh 2.300 orang dan telah menjadi topic utama di sejumlah media Rusia. Beberapa warga Rusia menertawakan rencana tersebut, namun sebagian lainnya tersinggung.

"Seharusnya kalian melakukan hal ini kepada orang Rusia yang mendukung Putin, bukan semua laki-laki Rusia. Apa salah kami sehingga harus menerima akibat ini?" tulis Anton Grigoriev dalam laman Facebook kampanye itu. Itulah jalan yang ditempuh para perempuan Ukraina untuk negaranya.

 

Baca juga :

Hindari Hal-Hal Ini Demi Ginjal yang Sehat

Lucia, Bayi 500 Gram di Kantong Sandwich

Divergent, Diburu demi Sistem Buatan Manusia

Yang Harus Dilakukan Setiap Sahabat

Mata Menua Bisa Picu Depresi Bahkan Bunuh Diri

Sumber : tribunnews.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami