Mengapa Pesawat Malaysia Bisa Hilang Tanpa Pesan?

Nasional / 14 March 2014

Kalangan Sendiri

Mengapa Pesawat Malaysia Bisa Hilang Tanpa Pesan?

Lois Official Writer
3868

Pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 masih hilang dan dicari. Kini ada 34 pesawat dan 40 kapal dari sepuluh negara yang menyisir Laut Cina Selatan, padahal negara-negara ini sebelumnya bertikai soal klaim tapal batas di perairan tersebut. Sejumlah negara yang bergabung yaitu Cina, Vietnam, Filipina, Malaysia, Jepang, dan negara lainnya yang membantu. Lenyapnya MH370 menjadi misteri karena tiba-tiba hilang tanpa sempat memberikan pesan tanda darurat. Karena itu, pencarian sulit dilakukan. Berikut ini beberapa pertanyaan yang masih harus dijawab :

Bagaimana Pesawat MH370 Mudah Hilang dari Radar?

Pengendali lalu lintas udara memakai dua radar yaitu radar primer dimana mendeteksi obyek dengan memantulkan sinyal radio dan radar sekunder dimana pesawat mengirimkan respons secara otomatis untuk mengidentifikasi dirinya. Tapi untuk jarak yang lebih luas, dimana cakupan radar terbata, biasanya ketika pesawat terbang melintasi lautan, akan digunakan sistem lain yaitu Automatic Dependent Surveillance dimana pesawat mentransmisikan sinyal sendiri dan memberikan posisinya melalui satelit.

Malaysia Airlines mengkonfirmasi pesawatnya memiliki sistem ACARS (Aircraft Communications Addressing and Reporting System) dimana sistem ini secara otomatis mengingatkan jika ada kegagalan mekanis mendasar dari mesin. Namun, mengapa tidak ada sinyal sedikitpun saat menghilang? Ada dua kemungkinan. Pertama, sinyal dari transponder pesawat dihentikan secara sengaja oleh pilot atau orang lain. Kedua, ada kegagalan listrik atau pesawat tiba-tiba meledak.

Mengapa Pencarian MH370 Jangkauannya Luas?

Pencarian telah berlangsung di laut sepanjang jalur awal penerbangan ke Vietnam dan di sisi lain Semenanjung Melayu di Selat Malaka. Belakangan ini, pencarian melebar lebih jauh lagi. Bahkan jika terjadi kegagalan mesin, beberapa pakar penerbangan memperkirakan pesawat bisa meluncur selama 20 menit.

Bagaimana Kondisi Pesawat Ini?

Malaysia Airlines memiliki 15 jet pesawat yang menggunakan Boeing 777 ini. Setiap kecelakaan seringkali dianggap berawal dari kegagalan pesawat. Pihak Boeing sendiri telah mengirim tm ke Asia untuk menawarkan bantuan teknis. Namun para ahli penerbangan sepakat bahwa Boeing 777 memiliki catatan keamanan yang sangat baik dan kegagalan yang terjadi ini kemungkinan sebagai sabotase yang disengaja atau kesalahan pilot.

Ternyata, Badan Penerbangan Amerika Serikat (Federal Aviation Administration atau FAA) telah mengeluarkan peringatan terkait kondisi struktur Boeing 777 Malaysia dimana ada keretakan pada kulit badan pesawat tersebut. Imbauan itu dikeluarkan pada 13 November 2013, empat bulan sebelum pesawat itu hilang. Semua hal-hal yang terkait pada kecelakaan ini masih diselidiki.

 

Baca juga :

Daripada Tabungan Bersama Untuk Menikah, Lebih Baik Lakukan Ini

Recharge Your Soul : Keajaiban Cinta

FreedomPop Buat Telepon Pintar Anti Penyadapan

Tersenyumlah Jika Ingin Sehat

Tips Punya Keuangan Lebih Oke Meskipun Freelance

Jika Jatuh Cinta Pada Suami Orang

Sumber : tempo.co by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami