Siap-Siap, Jakarta Bakal Kembali Dilanda Banjir Rob
Sumber: JPNN

Nasional / 27 January 2014

Kalangan Sendiri

Siap-Siap, Jakarta Bakal Kembali Dilanda Banjir Rob

Budhi Marpaung Official Writer
5424

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Minggu (26/1/2014) kemarin, mengeluarkan prediksi terkait banjir di Jakarta dan Pantai Utara (Pantura). Menurut BMKG, meski banjir kini telah surut di sejumlah wilayah, tetapi itu tidak akan bertahan lama.

"Dari prediksi yang disiapkan oleh BMKG, pada tanggal 27-28 Januari akan terjadi kenaikan pasang air laut hingga mencapai maksimum. Sedangkan untuk prediksi hujan terjadi pada akhir bulan, 30-31 Januari," ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Mulyono Prabowo.

Lebih lanjut Prabowo mengatakan hal ini akan mengakibatkan wilayah-wilayah di Ibukota dan Pantura diserang banjir Rob kembali. Kondisi geografis di dua daerah tersebut yang semakin menurun permukaan tanahnya, semakin membuat kemungkinan banjir tak terelakkan.

Sebagai informasi, banjir Rob merupakan banjir yang diakibatkan oleh air laut yang pasang yang menggenangi daratan. Permasalahan ini biasanya terjadi di daerah yang lebih rendah dari muka air laut.

Prabowo mengungkapkan hingga akhir Februari dan awal Maret, wilayah-wilayah yang ia sebutkan tadi masih akan diguyur hujan setiap harinya. "Hujan tidak akan sehari penuh. Namun tidak berarti setelah waktu tersebut sudah tidak hujan lagi. Hanya mungkin intensitasnya beda," tuturnya.

Kesiapan menghadapi banjir Rob beberapa hari ke depan tentu harus dimiliki oleh setiap warga baik yang ada di DKI Jakarta, Pantura, maupun kota-kota lain di Nusantara. Bila sudah mengetahui daerah Anda pasti menjadi salah satu yang terendam banjir Rob maka alangkah lebih baik Anda mengungsi terlebih dahulu dan membawa barang-barang penting yang ada. Pastikan juga saat meninggalkan rumah, rumah Anda terkunci rapat dan seluruh aliran listrik dimatikan. Jangan tunggu air naik dahulu ke dalam rumah baru Anda pindah. Lebih cepat mengungsi, lebih cepat Anda dan keluar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.            


Baca juga :

Banjir Melanda, Hewan Sekitar Berpotensi Tularkan Penyakit

Tuhan Memulihkan Rumah Tangga Kami

Andrea Hirata, Kisah Sukses Penulis Buku Laskar Pelangi

9 Cara Tepat Mencegah Penyakit Leptospirosis

Join IMAGO Festival 2014   

Sumber : jpnn.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami