Nelson Mandela Mirip Bung Karno
Sumber: newstalkzb.co.nz

Nasional / 7 December 2013

Kalangan Sendiri

Nelson Mandela Mirip Bung Karno

Budhi Marpaung Official Writer
4703

Bagi seorang Mahfud MD - mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Nelson Mandela memilki kesamaan dengan Soekarno (Bung Karno) – Presiden Republik Indonesia pertama.

"Keduanya adalah pejuang kesetaraan umat manusia. Mandela pun telah berhasil melawan dan melenyapkan diskriminasi yang bertahun-tahun menguasai bangsanya," ujar Mahfud di Jakarta, Jumat (6/12).

"Bung Karno berhasil memimpin bangsanya melawan penjajahan dan meraih kemerdekaan yang kemudian berhasil membakar semangat bangsa-bangsa di Asia agar bangkit melawan ketidakadilan imperialisme, termasuk Afsel," sambungnya.

Suatu kali, tutur Mahfud, ia mendengar langsung Ketua MK Maroko memuji-muji Bung Karno dan Mandela. Menurut Ketua MK Maroko tersebut, kedua pemimpin bangsa ini adalah orang-orang yang hebat.

Mahfud menyatakan bahwa harus diakui, Indonesia mendapat pelajaran berharga dari Mandela khususnya mengenai kemanusiaan semasa hidupnya. "Meskipun tidak sampai 'tuntas', Indonesia pernah belajar dari Afrika Selatan tentang resep Nelson Mandela membangun negaranya. Yakni resep rekonsiliasi nasional dengan memaafkan masa lalu," tuturnya.

Setelah berjuang lama melawan infeksi paru-paru, Nelson Mandela akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada Jumat (6/12). Ia menutup mata selama-lamanya di usia yang ke-95 tahun. Selain sebagai presiden, masyarakat di dunia juga mengenalnya sebagai Bapak bangsa Afrika Selatan.  

Secara fisik memang sudah tidak ada lagi, tetapi semangat dan perjuangan yang pernah ia tunjukkan akan terus diingat oleh seluruh bangsa di dunia hingga generasi di masa mendatang.


Baca juga :  

Mandela Dapat Penghormatan Dari Google

Kotak Isi Cinta

Mujizat Kesembuhan Terjadi Dalam Hidupku

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI  

Cara Tepat Mendiagnosa HIV/AIDS

Sumber : inilah.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami