Inilah Jurus Jokowi Cegah Korupsi di Pemprov DKI Jakarta

Nasional / 6 October 2013

Kalangan Sendiri

Inilah Jurus Jokowi Cegah Korupsi di Pemprov DKI Jakarta

Budhi Marpaung Official Writer
3902

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyadari betul tentang rentannya pejabat atau pegawai negeri sipil melakukan korupsi. Oleh sebab itu, ia mengaku punya jurus untuk mencegah jajarannya di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terjerumus dalam aksi kejahatan tersebut.

Kata Jokowi, membangun sistem pemerintahan yang terbuka adalah cara yang dipakainya agar tidak ada pegawai-pegawai di lingkungan Pemprov DKI Jakarta yang berani korupsi.

"Coba kalau tidak dibuka, bisa tidak masyarakat mengawasi siapa yang kebagian berobat gratis?" ucap Jokowi selesai meninjau Waduk Ria Rio, Kamis, (3/10). "Kalau sakit baru datang ke Pak RT apa tidak susah namanya?" kata dia.

Selain terbuka, sistem yang sudah dibangun juga perlu dikontrol, diawasi oleh atasan dan diperbaiki. Oleh sebab itulah, Jokowi menyatakan ia begitu suka blusukan dan inspeksi mendadak.

Walau tidak ada satu pun sistem di dunia ini yang sempurna, tapi sepertinya jurus menangkal korupsi dari Jokowi bisa ditiru oleh pemimpin-pemimpin daerah lain di Indonesia. Pertanyaannya, apakah pemimpin-pemimpin daerah mau memberantas tindakan pelanggaran hukum ini? Hmmm...entahlah. Sebab, hanya Tuhan dan dirinya saja yang mengetahui jawaban tersebut.


Baca juga :

Jokowi-Dahlan Iskan Saling Mendoakan Jadi Presiden

Melayani Tuhan Dari Berbagai Penjuru Dunia

Wake  

Kisah Nyata Suami-Istri yang Terjerat Narkoba

Surat Dari Seorang Teman

Liga Champions : Prediksi Pertandingan Manchester City vs Bayern Munchen

5 Manfaat Konsumsi Banyak Sayuran

Thread Forum JC : Aksi Solidaritas (JCers Goes To Panti Rehab YBMI)  

Sumber : tempo.co / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami