Bahasa ala Vicky Lunturkan Nasionalisme
Sumber: Liputan6.com

Nasional / 11 September 2013

Kalangan Sendiri

Bahasa ala Vicky Lunturkan Nasionalisme

Lori Official Writer
10170

Bahasa asing yang digunakan oleh mantan tunangan Zaskia Gotik, Vicky Prasetyo dianggap merupakan ciri lunturnya nasionalisme. Penggunaan istilah yang dicampurkan dengan bahasa asing itu dinilai bukan tindakan intelektual.

Abdul Gaffar Ruskhan, seorang peneliti di Badan Bahasa, menepis bahasa Vicky sebagai bahasa intelektual. Gaffar menilai bahwa penggunaan bahasa asing akan semakin mengaburkan makna bahasa itu sendiri. “Sangat keliru jika menyebutkan bahasa intelek. Itu budaya ikut-ikutan,” tandas Gaffar, seperti dilansir Tempo.co, Selasa (10/9).

Disamping itu, bahasa yang banyak diperbincangkan tersebut berdasarkan linguistik dan tata bahasa dinilai sudah melanggar empat kaidah bahasa. Diantaranya, afiksasi atau imbuhan yang terkesan memaksakan, kolokasi bahasa atau sandingan kata yang ditemukan jelas tidak berpadanan, hukum Diterangkan Menerangkan (DM) atau urutan kata yang banyak salah serta penggunaan bahasa yang bolak-balik.

Gaffar memaparkan bahwa kebiasaan penggunaan bahasa keliru ini merupakan akibat dari budaya ‘ikut-ikutan’ dari negara lain, seperti Singapura yang lazim menggunakan bahasa asing. Sementara alasan lainnya disebut adalah akibat faktor gengsi dan prestise.

Menurut peneliti bahasa ini, negara maju yang menjunjung nasionalisme tidak akan pernah terpengaruh oleh istilah dan bahasa luar. Pria ini menyebutkan salah satu contohnya adalah Prancis, yang tetap memakai bahasanya tanpa peduli bahasa lawan bicaranya.

Penggunaan bahasa asing bila digunakan dalam konteks yang benar, tentu tidak salah. Namun akan lebih baik bila bahasa nasional tetap dijunjung sebagai bahasa percakapan sehari-hari tanpa membatasi diri belajar bahasa lainnya. Sebab kecintaan akan bahasa nasional adalah salah satu cerminan dari nasionalisme.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Vicky Prasetyo Tulis Pernyataan Terbuka di Wordpress

Lagi, Anggota Polisi Tewas Ditembak

Penembakan Polisi Adalah Balas Dendam Preman?

DPR Tuding Teroris Dalang Penembakan Polisi di Depan KPK

7 Orang yang Sebut Ahmad Dhani Tak Becus

TV dan Internet = Baby Sitter Anak ?

Sumber : Tempo.co | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami