Presiden Iran Ucapkan Selamat Tahun Baru Yahudi
Sumber: BBC

Nasional / 7 September 2013

Kalangan Sendiri

Presiden Iran Ucapkan Selamat Tahun Baru Yahudi

daniel.tanamal Official Writer
3843

Sebuah langkah rekonsiliatif dilakukan oleh Presiden Iran terbaru, Hassan Rouhani yang pada Rabu (4/9), lewat akun Twitter-nya mengucapkan selamat tahun baru untuk warga Yahudi, khususnya yang tinggal di Iran.

Tahun baru Yahudi yang dimaksud adalah Rosh Hashanah, yaitu tahun baru tradisional umat Yahudi yang biasanya jatuh pada awal musim gugur di belahan bumi sebelah utara. "Saat matahari akan terbit di Teheran, saya ucapkan kepada seluruh umat Yahudi, khususnya Yahudi Iran, selamat merayakan Rosh Hashanah," kicau Rohani.

Sikap Rouhani ini begitu mengejutkan dan terasa istimewa mengingat selama ini Iran jarang menunjukkan sisi positifnya terhadap umat Yahudi. Pendahulu Rohani, Mahmoud Ahmadinejad, dikenal sangat sering mengeluarkan pernyataan kontroversial terhadap umat Yahudi dan Israel.

Menurut Haleh Esfandiari cendekiawan kelahiran Iran yang kini mengepalai program Timur Tengah di Lembaga Internasional Woodrow Wilson, pernyataan ini mungkin baru pertama kali diucapkan oleh seorang kepala negara di Iran. "Bahkan saat Iran masih berbentuk kerajaan, seingat kami tak ada ucapan semacam ini."

Warga Yahudi Iran sendiri adalah populasi Yahudi terbesar di Timur Tengah setelah Israel. Saat ini jumlah umat Yahudi di Iran berjumlah kurang dari 9.000 jiwa dari 77 juta warga. Perwakilan umat Yahudi di parlemen Iran tetap ada meski suaranya kerapkali tidak didengarkan.


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami