JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Karena Beda Agama, Warga Minta Lurah Baru Diganti

WEDNESDAY, 21 AUGUST 2013

Total View : 2565 times

Masalah intoleransi di Indonesia masih terus terjadi, bahkan ketika negara ini baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-68 pada Sabtu (17/8) lalu. Dirilis The Jakarta Post, Senin (19/8) kemarin, beberapa warga Lenteng Agung Jakarta Selatan menuntut pemerintah Jakarta untuk mengganti lurah mereka yang baru.

Alasan warga adalah karena lurah baru itu non-Muslim, sedangkan kecamatan yang dipimpinnya mayoritas adalah umat Muslim. Jadi adalah sebuah keanehan jika lurah non-Muslim akan menghadiri berbagai aktivitas keagamaan. Lurah yang baru terpilih dan dilantik pada Juni lalu itu sendiri adalah Susan Jasmine Zulkifli dan beragama Kristen Protestan.

"Kami tidak mengevalusi soal kerjanya, karena ini bukan tentang hal itu. Kami berharap bahwa dia dipindahkan saja ke kecamatan lain yang lebih heterogen. Bahkan memiliki pemimpin perempuan sudah aneh bagi kami, karena dia tidak akan dapat bergabung dengan berbagai acara yang digelar di masjid-masjid," kata salah satu warga, Naser Nasrullah.

Menurut juru bicara Pemprov DKI Jakarta, Eko Haryadi, pihaknya akan menampung semua aspirasi warga Jakarta. "Kalau memang ada keluhan nanti dicek oleh pimpinan, dianggap memang seharusnya dipindah, ya akan dipindah. Tapi, nanti akan dikroscek lagi," katanya kepada KBR68H, Selasa (20/8).

Dalam tuntutan itu sendiri warga setempat mengklaim telah membuat petisi dengan mengumpulkan 2300 nama dan 1500-an KTP sebagai tanda bukti dukungan untuk penggantian lurah baru tersebut.

 

 

Baca Juga Artikel Lain:

UU Pelarangan Praktek Sihir Akan Dicabut

Smartphone Tingkatkan Jumlah Penderita Rabun Jauh

Gunakan Facebook Akan Timbulkan Kesepian

Indonesia Bantu Bantu Korban Bencana Kekeringan Di Namibia

Umat Kristen Mesir Hadapi Masa Sulit

Sejumlah Gereja dan Rumah Umat Kristen di Mesir Dibakar

 


Sumber : The Jakarta Post | KBR68H

Imago Planet

COMMENTS

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • * nana keluar dr islam

    2013-09-27 08:17:47
    Yang dibenci org lenteng agung, bukan krn susan tp Tuhan nya Susan, yaitu Yesus. Jadi siapa yg berani lawan Yesus, yakin saja di lenteng agung nanti kita dengar banyak keanehan terutama peristiwa alam.
  • * anti diskriminasi

    2013-08-31 06:57:07
    Diskriminasi dalam bentuk apapun harus dihapuskan ! Apa warga lenteng agung mau diberi lurah anggota fpi yg sdh pasti taat beragama sekaligus preman profesional ? (Kan kalian minta nya lurah seagama, gak peduli kinerjanya).
  • * bhinneka tunggal ika

    2013-08-30 08:43:25
    Tidak benar menentukan jabatan orang berdasarkan agama di NKRI ini ! Tdk cocok dgn UUD 45, Pancasila dan bhinneka tunggal ika. Kalau ibu Susan diangkat jadi pimpinan pesantren atau institusi agama islam lainnya bolehlah kalian demo minta diganti ... Tapi kalau jabatan lurah, tidak ada tuh di UU disyaratkan harus beragama islam, meskipun lurah di daerah yg mayoritasnya islam.
  • * Irene

    2013-08-28 12:21:29
    Aneh di Indonesia bukan mengharapkan daerahnya lebih baik dan maju,eh agama mlulu yang di ributin.Orang yang ngaku suci,lebih baik,lebih pantas,tidak pernah melakukan dosa,memangnya looooo orang, Tuhan orang yang hatinya Iri dengki dan membedakan Agama sesungguhnya Dia adalah orang kafir.
  • * sonie

    2013-08-27 22:03:00
    Nggak bisa begitu dong bro, emang di papua dan ambon pejabat islam disuruh lengser semua ? Emang di amrik nggak boleh ada pejabat islam ? Ini kan negara Pancasila bukan negara agama mayoritas. Semya warga negara sama kedudukannya di mata hukum dan undang2 negara. Apa org lenteng agung nggak pernah makan bangku sekolahan ? Ataw takut diprovokasi ormas anarkis yg bisa nya bikin kisruh ttp bossnya pingin bangettt jadi presiden negara ini ... Negara ini jangan mau dijadikan eksperimen adu domba atas nama agama kaum mayoritas ... Jangan sampai negara ini dikucilkan bangsa2 lain hanya karena diskriminasinya spt afrika selatan jaman dulu ... Makanye belajar sejarah, buka mata wawasan lebar2, jangan terjebak ajaran agama yg dipelesetkan jadi chauvinis sempit ... Kita bangsa merdeka bukan chauvinis sejati ! @naser nasrullah (warga lenteng agg) belajarlah sejarah dan PKN (baca buku2 SD mu lagi jangan asal ngemeng) @jubir pemprov dki : jangan asbun ... Keinginan segelintir masyrkt anarkis tidk bs dijadikan wakil yg menyuarakan rakyat dki !