Inilah 5 Hal yang Selalu Ada di HUT RI

Nasional / 17 August 2013

Kalangan Sendiri

Inilah 5 Hal yang Selalu Ada di HUT RI

Budhi Marpaung Official Writer
4308

Setiap 17 Agustus, bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaannya dari penjajahan asing. Di tanggal dan bulan ini, beragam hal unik terlihat dan tidak akan pernah dapat ditemukan di tanggal-tanggal dan bulan yang lain.

Berikut 5 kekhasan yang selalu tersaji di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) :

1. Pembacaan Teks Proklamasi

Meski di sekolah-sekolah maupun kantor-kantor pemerintah seringkali mengadakan upacara bendera, tetapi hanya di 17 Agustus lah teks proklamasi dibacakan.

2. Upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera Sang Saka Merah Putih

Kegiatan upacara pengibaran dan penurunan bendera sang saka merah putih yang berlangsung di Istana Negara adalah acara yang akan selalu diliput oleh media.   

3. Permainan Rakyat

Selain upacara bendera, 17 Agustus identik dengan permainan rakyat yang khas 17-an seperti balap karung, makan kerupuk, dan panjat pinang.

4. Ornamen-Ornamen

Di berbagai penjuru wilayah nusantara, Anda bakal melihat bendera merah putih terpasang di rumah-rumah, gedung-gedung perkantoran, sekolah-sekolah, gedung-gedung pemerintah, dan bahkan tempat-tempat pelayanan umum semacam rumah sakit dan mal. Bukan hanya itu, di wilayah tinggal masyarakat terdapat gapura yang menandakan usia dan tanggal HUT RI.

5. Lagu Hari Merdeka

Lagu Hari Merdeka gubahan Husein Mutahar merupakan lagu wajib nasional yang dinyanyikan di acara upacara memperingati HUT RI. Selain mengingatkan akan waktu kemerdekaan Indonesia, lagu ini juga diperdengarkan untuk menanamkan rasa patriotisme putra/i bangsa terhadap tanah air.

Sungguh menyenangkan hidup dalam ke dan oleh sebab itu mari kita bersama-sama menjaganya agar terus dapat dinikmati bukan hanya saat ini saja tetapi juga hingga anak-cucu kita. Dirgahayu ke-68 Republik Indonesia, Merdeka !


Baca juga :

Bulutangkis dan Timnas Sepakbola Beri Kado Manis Untuk HUT RI

TUHAN Menolongku Melunasi Biaya Kuliah!

Indonesia Pusaka

Universitas Kehidupan  

Tips Mengatasi Fibromialgia

Thread Forum JC : Gimana Cara Mandi Secepat Kilat

Billy Boen, Pembuat Onar yang Kini Sukses Jadi Pengusaha Muda

Sumber : jawaban.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami