Fotografer Asing: Laut Indonesia Menjijikkan!
Sumber: Tempo.co

Nasional / 15 August 2013

Kalangan Sendiri

Fotografer Asing: Laut Indonesia Menjijikkan!

Lori Official Writer
3315

Fotografer Zak Noyle yang berkunjung ke beberapa pulau di Indonesia mengatakan bahwa lautan Indonesia dipenuhi oleh sampah. Foto Noyle yang diambil di sebuah teluk terpencil menunjukkan peseluncur Dede Suriyana dan lautan sampah.

Foto tersebut telah dimuat di situs Huffington Post. Ia mengatakan bahwa lautan Jawa yang dikenal sangat murni dan enak untuk berseluncur, kini berubah menjadi lumbung sampah dan rongsokan.

“Itu Gila. Sangat menjijikkan untuk berada di sana, aku terus berpikir aku akan menemukan mayat manusia juga pada akhirnya,” kata Noyle, seperti dilansir Tempo.co, Rabu (14/8).

Disekitar permukaan laut, Noyle menemukan plastik dan batang pohon mengambang bersama dengan gelombang. Atas publikasi foto Noyle tersebut, situs Huffington menuliskan bahwa Indonesia merupakan negara yang terdiri dari lebih 17.000 pulau namun tercemari oleh sampah. Hal senada juga diungkapkan oleh Mark Lukach, seorang penulis di situs web surfing Inersia bahwa pulau Lombok yang pernah dikunjunginya penuh dengan sampah, berbeda seperti bayangannya dimasa kecil.

Indonesia yang kaya dengan keindahan pulaunya, kini menjadi negara dengan permasalahan sampah terbesar. Kebiasaan warga membuang sampah sembarangan dan minimnya infrastruktur pengolahan sampah di Indonesia menjadi kendala. Akibatnya, pencemaran ini berimbas pada kerusakan lingkungan dan penurunan minat wisata.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Terlibat Suap, KPK Tangkap Pejabat SKK Migas

Ahok Yakin Jokowi akan Menang Pilpres 2014

Komentari Gereja di Facebook, Pria di Jawa Timur ini Dijadikan Tersangka

Kenali Fibromyalgia dengan Gejala-gejala Ini

Ucapan Terima Kasih Dari Orang Tak Dikenal

Sumber : Tempo.co | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami