Pergeseran Patahan Sumatra Disebut Sebagai Penyebab Gempa Aceh
Sumber: nasional.inilah.com

Nasional / 3 July 2013

Kalangan Sendiri

Pergeseran Patahan Sumatra Disebut Sebagai Penyebab Gempa Aceh

Lori Official Writer
5762

Gempa yang berpusat di Kabupaten Bener Meriah yang terjadi dua kali periode pada Selasa (2/7) kemarin, bukan merupakan gempa vulkanik melainkan gempa tektonik. Gempa ini disebabkan adanya pergeseran patahan Sumatera atau patahan Semangko.

Terdapat dua patahan besar  Sumatra yang memanjang sepanjang pulau Sumatera. Dua patahan Sumatra tersebut yaitu zona subduksi dan patahan Sumatra/Semangko. Gempa ini diduga sama dengan gempa yang melanda Aceh tahun 2004 dimana sumber gempa terjadi akibat pergeseran zona subduksi yang dikategorikan sebagai gempa vulkanik.

Pakar Geologi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Faisal Ardiansyah, menyebutkan bahwa gempa yang berpusat di Bener Meriah itu merupakan gempa tektonik dari segmen patahan Sumatera/patahan Semangko.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga menyatakan bahwa gempa tersebut berasal dari sesar aktif di daratan yang berasal dari patahan Sumatra/Semangko. Gempa ini mengakibatkan 22 jiwa meninggal, 210 luka-luka serta kerusakan besar pada rumah, jalan dan bangunan.


Baca Juga:

Akibat Gempa Aceh Selasa Lalu, 22 Tewas dan 210 Luka

Ratusan Korban Banjir di India Dikremasi Massal

Di Bulan Puasa, Tangerang dan Serang Larang Tempat Ini Buka

Jelang Puasa, Daging Limbah Pun Beredar di Pasaran

Kecewa Dengan Tuhan?

Sumber : bbc.co.uk | Jawaban.com | lori
Halaman :
1

Ikuti Kami