Akibat Gempa Aceh Selasa Lalu, 22 Tewas dan 210 Luka
Sumber: AP PHOTO / AHMAD ARISKA

Nasional / 3 July 2013

Kalangan Sendiri

Akibat Gempa Aceh Selasa Lalu, 22 Tewas dan 210 Luka

Puji Astuti Official Writer
3809

Gempa yang mengguncang Aceh dengan kekuatan 6,2 Skala Richter pada Selasa (2/7) lalu mengakibatkan 22 orang meninggal dunia, 210 orang luka-luka dan ribuan bangunan serta rumah rusak, demikian laporan yang diberikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Berdasarkan berita yang dirilis oleh Kompas.com, BPBA Aceh Tengah melaporkan adanya 10 orang yang tewas dan 140 orang luka-luka dan dirawat di RSUD. Diperkirakan 1500 bangunan rumah, kantor pemerintah dan juga rumah ibadah mengalami kerusakan. Pengungsi diwilayah Aceh Tengah ini tersebar di 10 titik.
Sedangkan di Kabupate Bener Meriah, korban jiwa yang meninggal ada 12 orang dan 70 orang terluka. Kerusakan masih belum terdata.

"BPBA, TNI, Polri, SKPD terkait, dan relawan telah memberikan bantuan kepada korban. Pendataan masih dilakukan dan akan disampaikan terus kepada media," demikian ungkap Sutopo.

Gempa yang berpusat di 35 km dari Kabupaten Bener Meriah, Aceh dengan kedalaman 10 km tersebut diperkirakan akibat terjadinya pergeseran pada Patahan Sumatera atau Semangko. Sekalipun guncangan gempa kali ini termasuk cukup kuat, namun berada di zona yang berbeda dari pergeseran patahan yang menyebabkan tsunami pada tahun 2004 lalu.

Baca juga artikel lainnya :

Membabtis Orang, Pendeta dan Tiga Staf Ditangkap Di Bireun Aceh

Kisah Nyata Satu Keluarga Yang Selamat Dari Tsunami Aceh

Kontroversi Bendera Aceh

Mau Tips Memilih Sekolah Untuk Anak?

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami