Di Bulan Puasa, Tangerang dan Serang Larang Tempat Ini Buka
Sumber: viva.co.id

Nasional / 3 July 2013

Kalangan Sendiri

Di Bulan Puasa, Tangerang dan Serang Larang Tempat Ini Buka

Lois Official Writer
7130

Pemerintah kota Tangerang sudah membuat peraturan untuk bulan Puasa yang segera datang. Walikota Tangerang Wahidin Halim, Senin (1/7) mengatakan semua jenis tempat hiburan harus ditutup seperti karaoke, bola sodok, dan tempat pijat sehari sebelum puasa Ramadan hingga usai Lebaran. “Kalau membandel beroperasi, saya yang pimpin langsung menutup dan mencabut izinnya,” kata Wahidin.

Menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Tangerang Irman Puja Hendra, tempat refleksi, pijat plus-plus, tempat biliar, warung remang-remang, rumah makan kelas kecil dan besar harus mengikuti larangan ini. Namun ada pengecualian. Untuk warung makan jam operasionalnya dibatasi yaitu buka pukul 15.00 sampai waktu sahur dan harus tutup setelah sahur sampai pukul 15.00. Bagi ormas yang melakukan razia selama bulan puasa, menurut Irman, ormas tidak perlu ikut karena pemerintah daerah sudah mengeluarkan imbauan kepada pengelola.

Pemerintah Kota Serang punya kebijakan lain terkait hal ini. Pemerintah setempat melarang seluruh pemilik rumah makan dan restoran buka. “Bagi yang membandel, selain ditutup paksa, pemiliknya akan dikenakan denda Rp 50 juta atau pidana kurungan paling lama 3 bulan,” ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Serang, Akhmad Mujimi. Untuk mensosialisasikan hal ini, menurut Mujimi, pihaknya sudah mengirimkan surat edaran kepada seluruh pengusaha rumah makan dan hiburan.

Sebentar lagi penduduk Indonesia dengan agama mayoritas memang akan melakukan puasa. Mungkin pemerintah menganggap dengan penutupan tempat-tempat ini berarti menghormati mereka yang menjalani puasa. Namun, ada banyak cara untuk menghormati puasa. Khususnya yang tidak menjalankan puasa, diharapkan dapat makan ataupun minum di tempat dimana tidak terdapat mereka yang sedang menjalankan puasa. Mari kita saling menghormati dan menjaga masing-masing pihak yang berbeda dengan kita khususnya.

 

Baca juga :

Sate Puting Susu, Makanan Khas Berbuka Puasa di Bali

Jelang Puasa, Ormas Dilarang Razia dan Main Hakim Sendiri

Perluas Kapasitas Kita Hingga Sempurna

Yang Harus Dilakukan Orangtua Terhadap Anak Angkatnya

Antisipasi Alergi Kuilt dengan Berbagai Tes Ini

Resep Jus dan Smoothies Kurma Beserta Manfaatnya

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami