Ini Harapan Para Tokoh Terhadap Menkeu Baru
Sumber: tempo.co

Nasional / 15 May 2013

Kalangan Sendiri

Ini Harapan Para Tokoh Terhadap Menkeu Baru

Lois Official Writer
3581

Memasuki masa pemerintahan empat tahun, Susilo Bambang Yudhoyono akan menunjuk Menteri Keuangan yang baru. Pasalnya, Agus Martowadjojo yang sebelumnya menempati posisi tersebut, menjabat posisi barunya sebagai Gubernur Bank Indonesia. Banyak orang yang berharap pada Menkeu ini, siapapun yang akan terpilih nanti. Berikut beberapa tanggapan dari tokoh :

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa

Hatta mengungkapkan bahwa Menteri Keuangan (Menkeu) harus mampu menjaga keamanan fiscal negara karena memiliki wewenang luar biasa yang diatur dalam undang-undang. “Selain memiliki kemampuan treasury dan penjaga gawang, undang-undang juga memberi keleluasaan Menteri Keuangan terkait insentif fiscal,” katanya Selasa (14/5).

Dirut PT. Semen Indonesia Tbk. Dwi Sutjipto

“Menkeu harus jadi motor penggerak investasi nanti ke depan,” kata Direktur Utama PT. Semen Indonesia Tbk. Dwi Sutjipto, Selasa (14/5). Menurutnya, yang harus segera dibenahi adalah pemerataan investasi. Tujuannya, agar investasi tidak menumpuk di Pulau Jawa tapi meluas ke luar daerah. Sedangkan untuk perbankan, Menteri Keuangan terpilih nanti diharapkan dapat terus mendorong pertumbuhan kinerja bank yang terus meningkat.

Ekonom Universitas Gadjah mada, Tony Prasetiantono

Menurutnya, posisi Menkeu paling cocok dipegang Darmin Nasution atau Chatib Basri karena dinilai sudah paham kebijakan fiscal. Pasalnya, tugas Menteri Keuangan ini berat. Ada masalah deficit kembar yang berasal dari defisit APBN dan defisit perdagangan. Masalah defisit inipun sumbernya structural sehingga perlu penyelesaian komprehensif. “Defisit APBN disebabkan oleh lemahnya penerimaan pajak,” ujarnya. Karena itu, perlu orang yang kompeten di bidangnya.

Siapakah Menkeu Indonesia yang baru ini? Kita tunggu saja dan kita harapkan bahwa melalui tangannya, keuangan di Indonesia dapat lebih baik lagi. Dia juga mampu memberikan ide serta melakukan inovasi yang berarti buat perkembangan di Indonesia.

 

Baca juga :

15 Menteri Diduga Lenyapkan Uang Negara Rp 8 Triliun

Ini Alasan SBY Pilih Agus Marto Sebagai Gubernur BI

Resep Kue Sus Singkong Goreng

Apa Gunanya Kenaikan Yesus Bagi Kita?

Saat Tangisan Digunakan Anak Sebagai Alat

7 Manfaat Spa Garam

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami