DPR Siapkan UU Bagi Dokter Spesialis

Nasional / 8 March 2013

Kalangan Sendiri

DPR Siapkan UU Bagi Dokter Spesialis

Zee Official Writer
3370

Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia saat ini sedang membahas rancangan undang-undang untuk menanggulangi jumlah dokter spesialis di Indonesia yang masih sangat kurang.

Popong Otje Djundjunan, anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Golongan Karya menyatakan bahwa selama ini memang pemegang gelar sarjana Kedokteran mengalami kesulitan untuk masuk ke pendidikan spesialis. Salah satu faktor penyebab hal tersebut adalah mahalnya biaya yang dibutuhkan.

"Dengan adanya UU ini, akan diatur supaya mereka bisa melanjutkan ke pendidikan spesialis tanpa kesulitan. Harus dipermudah dan tidak terlalu mahal," ujar Otje di ruang rapat komisi X DPR RI, Jakarta, Senin (4/3/2013).

Otje juga menambahjab bahwa kondisi saat ini mengharuskan satu dokter spesialis untuk menangani pasien yang cukup banyak, padahal keberadaan dokter spesialis dibutuhkan bagi pasien-pasien yang membutuhkan perawatan intensif.

"Satu dokter menangani jutaan orang di Indonesia. Tidak bisa seperti ini. Sebenarnya banyak yang mau jadi dokter dan pinter-pinter tapi terkendala. UU ini nanti akan bisa memberi solusi," jelas Otje.

UU tersebut juga akan mengatur standar pendidikan dokter dan spesialis bagi universitas swasta. Standar yang tidak dipenuhi, atau kenaikan biaya pendidikan secara semena-mena dapat mengakibatkan sanksi bagi universitas tersebut.

"Semua ini bisa dilakukan jika sudah ada UU. Jadi jelas kewajiban dan haknya. Untuk pembiayaan, akan ada angka maksimal," tandasnya.

Pada tahun 2012, jumlah dokter spesialis di Indonesia hanya sekutar 18.000 orang, sementara jumlah total yang dibutuhkan adalah 32.000 orang. Target pemerintah akan mengusahakan penambahan dokter spesialis baru sebanyak 3.400 sampai tahun 2014 nanti.

Kebijakan undang-undang baru bagi dokter spesialis merupakan sebuah bantuan yang sangat signifikan untuk meningkatkan mutu baik pendidikan maupun kesehatan di Indonesia. Semoga undang-undang tersebut segera terbentuk.


Baca juga artikel lainnya:

Mikha Angelo, Justin Bieber Baru Dari Indonesia

9 Cara Cepat Atasi Flu

Is S/He the One?

Sumber : kompas / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami