JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Wulung, Pesawat Tanpa Awak Buatan Indonesia

THURSDAY, 11 OCTOBER 2012

Total View : 1872 times

Pesawat tanpa awak buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah selesai dibuat sejak 2002 dan diuji coba di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (11/10). Menurut peneliti BPPT, Adrian Zulkifli, pesawat yang diberi nama Wulung ini nantinya akan digunakan untuk keperluan militer. "Pesawat ini untuk keperluan militer seperti melakukan pemantauan di suatu wilayah dari udara," kata Adrian.

Untuk mendapatkan tenaga yang optimal dari pesawat yang bermesin 2 tak ini, bahan bakar dipilih dari jenis pertamax. Bahan material pesawat menggunakan komposit yaitu kompisisi dari serat kaca, fiber, dan karbon sehingga struktur pesawat ringan.

Menurut Adrian, Puna (nir-awak) Wulung mampu terbang hingga ketinggian 12 ribu kaki. "Yang sudah diujikan sejauh 8.000 kaki," jelas Adrian. Selain itu, pesawat ini mampu terbang selama 4 jam tanpa henti. Jarak tempuh maksimal 70 kilometer dengan kecepatan jelajah 52 hingga 69 knot. Adapun pesawat ini bisa dikendalikan dengan jarak 73 kilometer jauhnya dari remote control. Pesawat autopilot ini dilengkapi dengan kamera canggih untuk memproyeksikan medan.

Suatu kebanggaan tersendiri negara kita mampu membuat pesawat tanpa awak yang tentunya akan sangat berguna bagi kemajuan teknologi maupun tujuan pembuatan pesawat tersebut. Sejauh ini, sudah ada lima pesawat tanpa awak yang telah mengeluarkan biaya Rp 6-8 miliar. Namun, di balik pengorbanan itu kita yakin Indonesia makin maju dan terus jaya.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Tegar Di Masa Sulit

Restoration, Album Terbaru Adon yang Penuh Inspirasi

Buat Rainbow Cake Sendiri Yuk, Ini Resepnya

Obat Jerawat Paling Ampuh Yaitu Virus yang Ada di Wajah

Usaha Bangkrut, Hubungan Suami Istri Hancur?

Sumber : viva.co.id by lois horiyanti/jawaban.com

Mitra CBN

COMMENTS

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • * ap

    2012-10-11 20:57:57
    Terus berinovasi. Tingkatkan kreativitas anak bangsa.