Ini Daftar 20 Gunung yang Sedang 'Bangun dari Tidur'

Nasional / 4 September 2012

Kalangan Sendiri

Ini Daftar 20 Gunung yang Sedang 'Bangun dari Tidur'

Lois Official Writer
5640

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), seperti yang dirilis oleh kompas, tercatat ada lima gunung berapi yang tengah berstatus siaga dan 15 gunung berapi lainnya yang berstatus waspada.

Lima gunung yang berstatus siaga yaitu Gunung Soputan (Minahasa Selatan, Sulawesi Utara), Gunung Lokon (Tomohon, Sulawesi Utara), Gunung Karangetang (Sulawesi Utara), Gunung Gamnokora (Halmahera Utara, Maluku Utara), dan Gunung Ijen (Jawa Timur).

Lima belas gunung yang berada dalam status waspada level II yaitu Gunung Seulawah (Aceh), Gunung Sinabung (Karo, Sumatera Utara), Gunung Talang (Solok, Sumatera Barat), Gunung Kaba (Bengkulu), Gunung Kerinci (Jambi), Gunung Anak Krakatau (Lampung), Gunung Papandayan (Garut, Jawa Barat), Gunung Bromo (Jawa Timur), Gunung Semeru (Lumajang, Jawa Timur), Gunung Batur (Bali), Gunung Rinjani (Lombok, Nusa Tenggara Barat), Gunung Sangeang Api (Bima, Nusa Tenggara Barat), Gunung Rokatenda (Flores, Nusa Tenggara Timur), Gunung Egon (Sikka, Nusa Tenggara Timur), dan Gunung Tangkupan Parahu (Jawa Barat).

Akibat dari bergejolaknya gunung-gunung ini, BNPB menghimbau masyarakat untuk waspada, tetapi tetap tenang. Pihak-pihak terkait termasuk pengelola media sosial dan masyarakat diminta agar menggunakan informasi dari sumber resmi yaitu BNPB dan PVMBG.

Meskipun banyak gunung di Indonesia yang sedang bergejolak dan bahkan berstatus siaga, namun kita percayakan segala sesuatunya kepada Tuhan agar tidak terjadi musibah ataupun sampai menelan korban jiwa.

 

Baca Juga :

Selat Segar, Sajian Sedap dari Solo

Beradaptasi dengan Karakter Pasangan Anda, Jadilah Pasangan Harmonis

Chord Lagu : Toby Mac - Me Without YOU

Porsi Hobi VS Porsi Pelayanan

Telepon Genggam Jauh Lebih Jorok Daripada Toilet

Kekalahan Iblis dalam Peperangan

Forum : Antara Suka - Sayang - Cinta

Sumber : kompas.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami