JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

SBY : Perlu Solusi Berbeda untuk Konflik Papua

WEDNESDAY, 18 JULY 2012

Total View : 2012 times

Terbukti, konflik Papua begitu menguras enegri pemerintah Indonesia. Berbagai formula untuk menyelesaikan konflik disana belum mampu untuk menyelesaikannya. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun mengakui bahwa untuk mengatasai konflik Papu dibutuhkan jenis solusi yang berbeda.

"Kami menemukan solusi yang baik untuk konflik di Aceh, dan konflik komunal di Ambon dan Poso. Namun, rumus ini tidak sepenuhnya berlaku untuk Papua, yang memerlukan berbagai jenis solusi," ungkapnya dalam peluncuran Jurnal Strategic Review dan Strategic Review Forum di Hotel Shangri La Jakarta, Selasa (17/7).

Presiden juga menyatakan untuk terus mencari tahu konflik yang tengah terjadi. Dengan memahami konflik, dirinya akan dengan mudah untuk mengambil keputusan. "Saya selalu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut. Setiap detail tidak peduli seberapa kecil membantu keputusan saya. Setiap fakta baru membantu penilaian saya lebih baik. Intinya adalah bahwa konflik yang berbeda membutuhkan solusi yang berbeda," jelasnya.

Untuk itulah demi merampungkan berbagai solusi dan strategi untuk mendeteksi potensi konflik, Presiden meminta ketepatan intelijen dalam membacanya. "Memiliki alat yang tepat untuk deteksi dini sangat penting untuk pemerintah, untuk mencegah meletusnya konflik kekerasan. Intelijen kita harus dilatih untuk menilai situasi secara akurat. Pemimpin provinsi dan kabupaten harus memiliki kepekaan pada rakyat, dan polisi kami harus siap untuk bertindak pada saat itu juga untuk mencegah kekerasan," paparnya.

Koflik diberbagai daerah di Indonesia memang perlu penaganan serius dengan pendekatan yang berbeda. Terlebih di bumi Papu, langkah prefentif harus dilakukan ketimbak aksi reaktif yang kadang dimunculkan oleh aparat keamanan bagi solusi Papua.

 


Sumber : Okezone - niel

Tag Keyword : SBY, Solusi, Papua, Konflik

Mitra CBN

COMMENTS

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • * sam

    2012-07-18 10:45:05
    Bisanya cuman ngomong... Makanya makan babi dulu biar pintar.