Penyebab Gempa 6,1 SR Pergeseran Lempeng Bumi 50 Cm

Nasional / 4 June 2012

Kalangan Sendiri

Penyebab Gempa 6,1 SR Pergeseran Lempeng Bumi 50 Cm

Lestari99 Official Writer
5694

Gempa 6,1 SR yang dirasakan warga Sukabumi, Bandung, Jakarta dan sekitarnya pada pukul 18:18:13 WIB disebabkan oleh adanya pergeseran lempeng di daerah selatan Jawa Barat. Lempeng bumi yang bertumbukan tersebut adalah lempeng Hindia Australia dan Eurasia. Tumbukan dari kedua lempeng tersebut mengakibatkan pergeseran hingga 50 cm. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

“Berdasarkan analisis dari ITB, gempa selatan Jawa Barat pada pukul 18.18 WIB kemungkinan terjadi pada bidang pertemuan lempeng atau gempa subduksi. Besarnya pergeseran pada bidang gempa yaitu sekitar 50 cm,” ujar Sutopo sebagaimana dilansir Detik News Senin (4/6).

Menurut Sutopo, gempa ini dirasakan cukup kuat di beberapa daerah terutama di Sukabumi. Namun belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa. Hingga saat ini BPBD Sukabumi masih melakukan pemantauan untuk pendataan lebih lanjut.

Mari berdoa agar dampak dari gempa ini tidak berkembang menjadi hal yang lebih serius. Sejauh ini dilaporkan gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

 

Baca Juga:

Sumber : Detik News
Halaman :
1

Ikuti Kami