JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Kisah Sumiati, TKI yang Teraniaya di Negeri Orang

WEDNESDAY, 17 NOVEMBER 2010

Total View : 5116 times

Sumiati, tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Bima, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalami kasus kekerasan yang begitu kejam oleh majikannya di Madinah, Arab Saudi. Sumiati yang baru berumur 23 tahun itu sejak bekerja pada tanggal 18 Juli 2010, kerap mengalami penyiksaan dari istri dan anak majikannya.

Pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Madinah baru menerima laporan dari penganiayaan Suamiati ini pada tanggal 8 November 2010. Perwakilan KJRI langsung mengunjungi Sumiati yang tengah dirawat di RS Kings Fahd Madinah. Dari kunjungan itu diketahui bahwa kondisi Sumiati sangat memprihatinkan. Hampir seluruh bagian tubuh, wajah dan kedua kakinya mengalami luka-luka.

Bahkan, media massa setempat memberitakan bahwa Sumiati mengalami luka bakar di beberapa titik, kedua kakinya nyaris lumpuh, kulit tubuh dan kepala terkelupas, jari tengah kanan retak, alis mata rusak. Yang paling parah dari semua itu adalah bagian atas bibir putus karena diduga akibat digunting majikannya.

Kasus kekerasan Sumiati ini pun mendapat perhatian dari masyarakat Indonesia dan juga perhatian yang serius dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, SBY menyebut kasus Sumiati ini sebagai berita yang mengejutkan.

"Secara lisan, saya sudah berbicara kepada Menlu (Marty Natalegawa) agar ditangani sangat serius. Itu luar biasa, penyiksaan yang dilakukan terhadap saudara kita, saudari Sumiati. Saya ingin hukum ditegakkan, saya ingin diplomasi all out," kata presiden. Presiden menginginkan adanya sebuah misi yang berangkat ke Arab Saudi untuk membantu sekaligus melihat kondisi Sumiati dan memastikan dia mendapatkan perawatan dan pengobatan terbaik.

"Penegakan hukumnya. Saya dengar berita aktanya, ada upaya-upaya untuk mengaburkan. Jangan sampai terjadi, kebenaran harus ditegakkan. Dan di atas segalanya, segera dilakukan langkah-langkah yang tepat," tandasnya.

Semoga keadilan bisa ditegakkan buat Sumiati. Semoga juga dia tabah dan mendapatkan perawatan yang terbaik sehingga luka-luka yang dia derita bisa pulih dan kembali sehat. Tuhan berikan jalan keluar yang terbaik buatnya dan para TKI yang bekerja di negeri orang, semoga mereka semua mendapatkan perlakuan yang baik dimanapun mereka berada.

Sumber : tribunnews/lh3

Tag Keyword : sumiati, tki, aniaya, kekerasan, madinah, arab

Imago Planet

COMMENTS

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • * Haerul Anwar Sungkar

    2012-06-04 15:16:20
    hati hatilah terhadap orang yang teraniaya,, karena doanya akan cepat di angkat sampai ke langit.. saya mohon..... janganlah engkau memperlakukan saudara kami seperti binatang...... :(
  • * anwar

    2012-06-04 15:07:05
    saya turut prihatin atas kondisi ibu sumiati,, karena saya juga ga tega melihatnya.. saya mohon... keadilan di tegakkan kembali... saya tak ingin peristiwa yang menimpah saudara kita tak berulang kembali.... amin ya allah.. :)
  • * nania

    2010-11-18 12:34:21
    Kasian... knp arab saudi yg "kota suci" itu tdk memperhatikan warga Indonesia yg bekerja sbg pembantu ya...padahal org naik haji dr Indonesia meningkat TERUS malah melebihi kuota...ato krn pembantu itu dianggap budak ya..entahlah :(
  • * cool_guy

    2010-11-18 10:47:03
    ORANG YAHUDI terkenal karena kepintarannya. ORANG ARAB terkenal karena kekerasannya..GET LOST ARABIC!!
  • * Fenny

    2010-11-18 10:07:54
    Tak habis pikir, kenapa TKI2 masih tertarik bekerja di negara Arab sana. Sudah begitu banyak yang pulang dengan keadaan yg tragis, ada yg dihamili, ada yg dibunuh :( kalau diperhatikan, bahkan negara2 lain yang juga banyak menyumbang TKI pun tidak byk yg mau ke Arab, karena mereka tahu resiko bekerja disana. Semoga pemerintah Indonesia menanggapi dengan tegas masalah ini, dan kalau perlu tidak usah lagi mengirimkan TKI ke Arab, hanya membawa penderitaan buat mereka sendiri dan juga keluarga mereka :(