Mobil Murah 'Made In Indonesia'

Nasional / 26 July 2010

Kalangan Sendiri

Mobil Murah 'Made In Indonesia'

Lois Official Writer
4118

Menteri Perindustrian MS Hidayat menyatakan bertekad akan mewujudkan konsep mobil murah dengan berteknologi ramah lingkungan. “Tidak menutup kemungkinan made in Indonesia,” kata Hidayat di sela-sela acara IIMS ke-18 di Kemayoran.

Ia menuturkan saat ini pemerintah telah menyiapkan insentif fiscal bagi produk mobil yang ramah lingkungan. Menperin mempunyai tugas untuk membuat produk yang bermanfaat bagi masyarakat banyak, yaitu mobil yang menggunakan teknologi yang bisa diadopsi di Indonesia dan juga menggunakan tenaga ahli Indonesia.

Hidayat tak keberartan jika mobil murah yang akan dikembangkan nanti menggandeng principal asing, meski tetap mengedepankan komponen lokal. “Zaman global saat ini siapa yang punya saham 100% dibagi-bagi. Bahwa pemiliknya joint sama orang asing nggak apa-apa,” begitu ungkapnya.

Menurut Hidayat konsep low cost dan green car yang dia idamkan adalah selain harganya Rp 70-80 juta, mobil tersebut juga hanya menghabiskan 1 liter untuk 22 KM dan nama yang akan dipilih harus mempunyai unsur lokal. Itupun jika pemerintah mengeluarkan regulasi pada akhir tahun ini. Setidaknya perlu persiapan dalam rangka pengembangan produk hingga 2-3 tahun ke depan untuk dapat terealisasi.

Wakil Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor Sudirman MR mengatakan sebagai principal, pihaknya masih menunggu perangkat insentif yang akan diberikan oleh pemerintah. Khususnya bagi produk mobil yang mengacu pada teknologi ramah lingkungan sekaligus berharga miring. “Kami pelaku industri masih menunggu kebijakannya seperti apa,” jelasnya kemudian.

Sumber : detikcom/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami