10 Kunci Kebahagiaan Versi Paus Fransiskus
Sumber: Independent.ie

Internasional / 1 August 2014

Kalangan Sendiri

10 Kunci Kebahagiaan Versi Paus Fransiskus

Lori Official Writer
6194

Paus Fransiskus sudah menjadi sosok yang dikagumi dan dikenal di hampir seluruh dunia berkat pribadi yang tenang, murah hati dan fokus memperjuangkan perdamaian. Hal itu pula yang membuatnya merasakan kebahagiaan.  

 

Dalam sebuah wawancara oleh salah satu media Argentina, Viva, Minggu (27/7), paus menuturkan 10 kunci rahasia mencapai kebahagiaan yang lebih besar dalam hidup seseorang, seperti uraian ini.

 

1. Hidup terus berjalan. Setiap orang patut memegang prinsip yang satu ini. Ia menyampaikan agar setiap orang bergerak maju dan membiarkan orang lain melakukan hal yang sama.

 

2. Berikan dirimu kepada orang lain. Paus berpesan bahwa salah satu kunci kebahagiaan adalah mau terbuka dan bermurah hati kepada orang lain. “Karena jika Anda menarik diri, Anda mendapat resiko menjadi egosentris. Dan genang air menjadi busuk.

 

3. Diproses dengan perlahan dalam hidup. Paus mengilustrasikan tentang kisah hidup seorang aktor protagonis bernama Don Segundo Sombra dalam novel Argentina karangan Ricardo Guiraldes. Ia menceritakan bagaimana Sombra menyukai aliran air yang perlahan di kolam. Memiliki kemampuan untuk bergerak dengan kebaikan dan kemurahan hati, sebuah ketenangan yang harus dimiliki dalam hidup.

 

4. Kebersamaan yang sehat. Paus menyayangkan hilangnya momen kebersamaan dengan anak-anak dengan melakukan kesenangan bersama dalam bidang seni, sastra dan permainan. “Konsumerisme telah membawa kita pada kecemasan dan cemas, menyebabkan orang kehilangan ‘budaya kebersamaan yang sehat’. Waktu mereka telah terbuang sehingga tak lagi dapat berbagi dengan orang lain. Meskipun orang tua bekerja berjam-jam, namun mereka harus meluangkan waktu untuk bermain dengan anak-anak mereka, jadwal kerja memang rumit namun Anda harus melakukannya,” jelas Paus.

 

Kehadiran televisi di tengah waktu makan keluarga juga menjadi penghambat terbangunnya komunikasi yang baik antar anggota keluarga. Ia menyarankan agar waktu makan menjadi momen keluarga untuk menjalin komunikasi satu dengan yang lain.

 

5. Akhir pekan khusus untuk liburan. Akhir pekan (Sabtu dan Minggu) harus dikhususkan sebagai hari libur bagi para pekerja, dan diisi dengan momen kebersamaan dengan keluarga.

 

6. Terapkan hidup yang inovatif. Temukanlah cara inovatif untuk menciptakan lapangan yang bermartabat bagi kaum muda. “Orang-orang muda harus kreatif. Jika mereka tidak memiliki peluang maka mereka akan terjerumus dalam narkoba dan rentan bunuh diri,” kata Paus.

 

7. Menjaga dan menghormati alam. “Degradasi lingkungan adalah salah satu tantangan besar yang kita hadapi saat ini,” jelas Paus.  

 

8. Berhenti bersikap negatif. “Berbicara buruk tentang orang lain menunjukkan harga diri yang rendah,” katanya. Ia berpesan bahwa menjauhkan diri dari hal-hal negatif akan jauh lebih menyehatkan.

 

9. Jangan menghakimi, hormati keyakinan orang lain. Kita bisa menjadi inspirasi bagi orang lain dengan komunikasi yang baik. NamMempengaruhi orang lain dengan menyusupinya dengan dakwaan bukanlah jalan yang benar. Gereja berkembang bukan karena dakwaan namun karena daya tarik yang ada di dalamnya.

10. Bekerja untuk menghadirkan perdamaian.  Menciptakan suasana damai membutuhkan usaha dan sikap proaktif. Sehingga perdamaian harus terus diteriakkan kepada orang lain

Nah bagi Anda orang tua dan keluarga cerdas Indonesia yang memiliki ide cemerlang dan inspiratif seputar bagaimana menghadapi tantangan arus teknologi yang menyedot waktu kebersamaan dengan anggota keluarga, buruan ikutan event 'One Day With Family' Kontes Writing & Photo (klik contest.jawaban.com) serta Workshop Keluarga yang akan digelar pada 31 Agustus 2014 di CITOS Jakarta, info selengkapnya kunjungi facebook Jawaban Indonesia dan twitter @jawaban.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Meresponi Ujian Hidup

 

7 Kompetensi yang Dimiliki Pekerja Profesional di AFTA 2015

 

Marak Pemalsuan Berita, Ini Reaksi Berbagai Pihak

 

Miliki 6 Hal Ini Pertanda Anda Sudah Siap Pacaran

 

Ini Makanan Pantangan Penderita Radang Amandel

Sumber : Catholicnews.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami