Akankah Umat Kristen di Irak Punah? Bisa Jadi
Sumber: REUTERS/Stringer Irak

Internasional / 11 July 2014

Kalangan Sendiri

Akankah Umat Kristen di Irak Punah? Bisa Jadi

Lois Official Writer
4421

Kekerasan di Irak terus terjadi pada umat Kristen yang sudah tinggal di sana lebih dari 2.000 tahun yang lampau, membuat mereka melarikan diri dari Baghdad, Mosul, dan Kirkuk karena militan ISIS. Menurut para Uskup Agung, saat ini jumlah mereka terbatas. Bisa jadi tidak akan ada lagi umat Kristen di sana.

Dari 1,5 juta umat Kristen, saat ini populasi umat Kristen di sana hanya berjumlah 400.000. Bahkan sekarang terus menurun karena mereka pergi ke Turki, Libanon, dan Eropa barat. “Hari ke depan akan menjadi sangat buruk. Jika situasi tidak berubah, umat Kristen akan meninggalkan negeri ini,” ujar Louis Raphael Sako, yang memimpin Chaldean Catholic Patriarch.

Bahkan di Kirkuk, zona aman Kurdis, umat Kristen yang tiap harinya meninggalkan kampung halaman mereka sebanyak 100 umat. “Kehadiran kami dulunya simbol perdamaian, tapi ada banyak panik dan hanya sedikit umat Kristen yang melihat masa depan mereka di Irak,” ujar Uskup Agung Youssif Mirkis, yang memimpin gereja Kirkuk’s Chaldean Catholic.

Tidak seperti umat Sunni, Shiah, dan Kurdis di Irak, umat Kristen di sana tidak dilindungi oleh milisi. Karena itu, Raphael, Mirkis, dan Yohanna Petros Mouche dari Syrian Catholic bertemu yang diorganisasi oleh Aid to the Church In Need, sebuah organisasi Katolik internasional yang mendukung gereja-gereja yang ada dalam kesulitan.

Hal ini terutama dilakukan setelah penculikan yang dilakukan di siang bolong terhadap dua suster Chaldean dan tiga anak-anak di Mosul dan gereja-gereja pun ditutup setelah itu. Namun, di banyak kota Irak dengan populasi minoritas seperti Kristen dan Shabak Shiah Muslim, banyak yang sudah melarikan diri dari Irak.

 

Baca juga :

Kontes Foto dan Artikel, Gabung Di Sini

The Fault In Our Stars - Kisah Cinta Remaja Penderita Kanker

Daripada Taruhan, Lebih Baik Lakukan Ini

Langkah Mudah Sinkronisasi Data ke Smartphone Baru

Sumber : charismanews.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami