Gadis Mualaf AS Ditangkap Karena Dukung ISIL
Sumber: AP

Internasional / 3 July 2014

Kalangan Sendiri

Gadis Mualaf AS Ditangkap Karena Dukung ISIL

Lois Official Writer
3197

Shannon Maureen Conley yang berasal dari Denver, Colorado ini ditangkap pada April 2014 lalu saat hendak naik pesawat. Diduga perempuan berusia 19 tahun asal Amerika ini dianggap menyediakan dukungan kepada Islamic State of Syria and the Levant (ISIL).

Saat hendak pergi ke Turki dan kemudian lanjut ke Suriah, Shannon ditangkap. Rencananya dia hendak bertemu seseorang yang berhubungan dengannya melalui internet, seorang pria yang diketahui warga Tunisia dan diklaim sebagai anggota ISIL yang aktif.

Setelah berkomunikasi dengan pria Tunisia itu, Conley pun langsung mengajukan diri membantu ISIL di Suriah. Hal ini didasarkan pada laporan kriminal yang disampaikan oleh Pengadilan AS Distrik Colorado. Conley yang sempat mengikuti pelatihan taktik militer dan menggunakan senjata bersama Angkatan Darat AS pada awal tahun 2014 itu, berencana menggunakan kemampuannya demi ISIL.

Awalnya, Conley yang adalah seorang mualaf ini mengambil kelas mengenai gereja, untuk belajar agama. Tetapi dia dicurigai oleh pendeta di Faith Bible Chapel, Arvada, Colorado melihat dia mencatat denah dari kampus. Kemudian pendeta tersebut melaporkannya pada polisi dan FBI. “Jika mereka berpikir saya adalah teroris, saya akan melakukan tindakan bahwa saya memang teroris,” ujar Conley kepada penyelidik, seperti yang dilansir BBC, Kamis (3/7/2014).

Agen federal mendorong orangtua Conley untuk bertemu dengan pemuka agama di masjidnya untuk mencari solusi tapi orangtua Conley tidak mengetahui sikap putrinya yang cenderung ekstrem ini. Ayah Conley juga mengakui menolak permintaan pria Tunisia yang berkomunikasi dengan putrinya, untuk menikahi sang putri.

 

Baca juga :

Gadis Keterbelakangan Mental Rawat Ayah Lumpuh

Setiap Langkah yang Berarti

Kontes Foto dan Artikel, Gabung Di Sini

Transformers Age of Extinction, Akan Punahkah?

Cara Atur Kill Switch di iPhone Agar Terhindar Pencurian

Sumber : okezone.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami