Kemeriahan Minggu Palma Sambut Pekan Suci Paskah
Sumber: News.com.au

Internasional / 14 April 2014

Kalangan Sendiri

Kemeriahan Minggu Palma Sambut Pekan Suci Paskah

Lori Official Writer
6566

Memasuki pekan suci paskah, umat Kristen telah menggelar minggu Palma pada 13 April 2014. Perayaan ini merupakan peringatan akan kedatangan Yesus ke kota Yerusalem dengan menunggangi seekor keledai.

Dalam prosesi ini, umat Kristen juga dibagikan tentang kisah penderitaan Yesus di kayu salib. Sehingga Minggu Palma juga disebut dengan Minggu Sengsara. Perayaan ini sudah menjadi tradisi gereja-gereja dunia menjelang sepekan perayaan paskah.

Bagi gereja Ortodoks, Minggu Palma disebut sebagai Festival Agung paskah. Biasanya orang Kristen akan mempersiapkan daun palem yang dibentuk menjadi salib. Daun palem merupakan lambang dari kemenangan atas dosa. Gereja bahkan didekorasi dengan hiasan berwarna warni.

Sementara gereja Katolik, menilai bahwa perayaan Minggu Palma sebagai tanda umat mengikuti Yesus Kristus sebagai pemimpin yang membawa kedamaian manusia hingga kehidupan kekal. Minggu Palma nantinya akan diikuti dengan perayaan Kamis Putih, Jumat Agung dan Minggu Paskah. Rangkaian perayaan ini memiliki makna yang sama yakni untuk mengenang saat Yesus memasuki Yerusalem, perjamuan terakhir Yesus bersama para rasul, Yesus disalib dan kebangkitanNya.

Paskah menjadi perayaan yang sangat penting bagi umat Kristen lantaran menjadi satu peringatan akan komitmen dan pembaharuan iman atas pengorbanan Yesus di kayu salib.

Meski gereja-gereja menggelar penyambutan paskah secara berbeda, namun makna paskah tetap sama, yakni sebagai hari kemenangan atas dosa melalui pengorbanan Yesus Kristus.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Paus Turun dari Popemobile dan Lakukan Selfie di St.Peter

Pengantin Terima Kejutan Mengharukan dari Pendeta

Paskah Gereja Timur dan Barat Jatuh Pada 20 April

Misa Kamis Putih, Paus Fransiskus Basuh Kaki Penyandang Disabilitas

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami