PGI Serukan Pemilu Jujur, Adil dan Damai
Sumber: tribunnews.com

Internasional / 4 April 2014

Kalangan Sendiri

PGI Serukan Pemilu Jujur, Adil dan Damai

Budhi Marpaung Official Writer
3171

Pada Rabu, 2 April 2014, di Flores Room, Hotel Borobudur, para pimpinan Majelis-majelis agama di Indonesia menyampaikan seruan terkait pesta demokrasi yang bakal sebentar lagi digelar di tanah air.

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) yang diwakili oleh sang Sekretaris Umum, Pendeta Gomar Gultom, mengungkapkan bahwa inti seruan para pimpinan Majelis agama ini adalah menyatakan secara terbuka yakni agar pelaksanaan Pemilu 2014 benar-benar jujur, adil dan damai.

Berikut isi seruan lengkap para pimpinan Majelis-majelis Agama terkait Pemilu 2014 sebagaimana dilansir situs resmi PGI, pgi.or.id :

1. Menyerukan segenap warga masyarakat menggunakan hak pilihnya secara bertanggung-jawab disertai sikap penuh optimisme.

2. Menyerukan kepada seluruh parpol agar sungguh-sungguh berlaku jujur dan adil dengan menempatkan kerukunan dan persatuan bangsa sebagai landasan utama pelaksanaan Pemilu.

3. Menyerukan kepada semua parpol agar terus melakukan pembinaan dan pengawasan kepada kadernya supaya tetap memiliki wawawan keIndonesiaan.

4. Menyerukan kepada semua caleg, capres, parpol dan massa pendukungnya; dalam meraih dukungan harus menghindarkan diri dari perilaku buruk seperti menggunakan isu primordial, mengadu domba, menggunakan politik uang, dan black campaign, dengan mengedepankan etika dan moral serta semangat persatuan dan solidaritas kebangsaan.

5. Menyerukan kepada semua unsur penyelenggara Pemilu agar melaksnakan tugas dengan sebaik-baiknya serta memegang teguh sikap amanah, adil, jujur, dan bertanggung-jawab, dengan berpedoman pada ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, sehingga dapat dihindari kemungkinan berkurangnya objektivitas hasil Pemilu 2014.

6. Menyerukan kepada media massa baik cetak, elektronik maupun media sosial agar dapat berfungsi sebagai wahana mencerdaskan bangsa dan secara sungguh-sungguh menyebarkan informasi berdasarkan nilai-nilai luhur dan keadilan guna membangun opini publik menuju penyelenggaraan Pemilu 2014 yang jujur, adil, rukun dan damai.

7. Menyerukan kepada seluruh komponen bangsa agar dapat menerima dan memaknai hasil Pemilu 2014 sebagai kemenangan bersama seluruh Rakyat Indonesia.

Pada acara penyampaian seruan tersebut, turut hadir pula sejumlah perwakilan pemerintah Republik Indonesia seperti Wakil Menteri Agama, Prof Dr Nazarudin Umar, Sekjen dan para Dirjen dalam lingkungan Kemenag, Dirjen Kesbangpol Kemendagri serta Deputi Menko Kesra.

 

Baca juga : 

Jelang Pemilu, PGI Imbau Gereja Hindari Politik Uang

Join IMAGO Festival 2014 

Kopi Darat Forum JC 3 Mei 2014

Forever, Single Terbaru Khas Kari Jobe

Pijakan yang Kuat

Tips Membuat Anak Lebih Betah di Rumah

Sumber : pgi.or.id / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami