Survei : Jokowi Paling Berintegritas Soal Beragama di Indonesia
Sumber: jawaban.com

Internasional / 3 April 2014

Kalangan Sendiri

Survei : Jokowi Paling Berintegritas Soal Beragama di Indonesia

Lois Official Writer
3790

Setara Institute pada Selasa (1/4/2014) yang lalu menunjukkan hasil survei yang dilakukannya dan mendapati bahwa Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau akrab dipanggil Jokowi dianggap sebagai calon presiden yang memiliki komitmen dan integritas paling tinggi dalam memajukan kehidupan beragama / berkeyakinan di Indonesia.

Lembaga hak asasi manusia dan kebebasan berkeyakinan itu juga menyatakan bahwa Jokowi memperoleh suara terbanyak yaitu 75 persen, disusul oleh mantan wakil presiden Jusuf Kalla. Sebagian besar responden juga menyatakan bahwa Menteri Agama Suryadharma Ali dinilai paling tidak berkomitmen soal kebebasan beragama dan berkeyakinan.

Adapun responden merupakan 100 korban pelanggaran kebebasan beragama yang berasal dari Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Timur. “Teman-teman korban melihat pada dua peristiwa di mana Jokowi menunjukan sikap kebhinekaannya. Yang pertama adalah ketika ada tuntutan agar Lurah (Lenteng Agung) Susan itu dipindahkan karena dianggap agamanya berbeda dengan penduduk di sana, tetapi Jokowi tetap dengan caranya mempertahankan. Kasus kedua adalah gereja Katolik  Artikulus di Tambora. Mereka ada disana sejak 1967, baru beberapa waktu terakhir mendapat gangguan kemudian Jokowi menemui semua pihak di sana,” ujar Bonar Tigor Naipospos dari Setara Institute.

Bonar mengatakan para korban kebebasan beragama dan berkeyakinan juga menilai kondisi kebebasan beragama di Indonesia selama 10 tahun terakhir masih buruk, dan sepanjang masa jabatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sama sekali tidak ada kemajuan. Selain itu, hal ini tidak menjadi perhatian serius dalam kampanye pemilihan umum.

Kebebasan beragama dan berkeyakinan diatur dalam UUD 1945 ayat 29 pasal 1 dan 2. Rakyat Indonesia punya kebebasan untuk memeluk agama dan kepercayaannya masing-masing dan dilindungi oleh negara. Itulah hukum yang berlaku di Indonesia dan harusnya diterapkan oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab.

 

Baca juga :

Mata Menua Bisa Picu Depresi Bahkan Bunuh Diri

Ucapan Suami yang Setia Saat Mabuk

Alat Canggih yang Digunakan Untuk Mencari MH370

Tips Manajemen Desain Interior yang Baik (2/2)

Sumber : voaindonesia.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami